Senin 21 Nov 2022 16:03 WIB

Facebook Hapus 4 Informasi Ini dari Profil Pengguna

Penghapusan informasi akan dimulai pada 1 Desember.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Facebook
Foto: EPA
Facebook

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Facebook mengumumkan akan menghapus empat bidang informasi dari profil mulai bulan depan, tepatnya 1 Desember. Empat bidang itu mencakup agama, padangan politik, alamat, dan bidang Interested yang menunjukkan orientasi seksual pengguna.

Seorang juru bicara perusahaan mengatakan alasan di balik perubahan tersebut untuk membuat jejaring sosial lebih mudah digunakan. “Sebagai bagian dari upaya kami untuk membuat Facebook lebih mudah dinavigasi dan digunakan, kami menghapus beberapa bidang profil. Kami mengirimkan pemberitahuan, memberi tahu mereka bahwa bidang ini akan dihapus,” kata juru bicara, dilansir TechCrunch, Senin (21/11/2022).

Baca Juga

Perubahan pertama kali dilihat oleh konsultan media sosial Matt Navarra. Dalam akun Twitter-nya, dia mengunggah tangkapan layar dari pemberitahuan yang dikirim ke pengguna yang telah mengisi empat bidang ini.

Pemberitahuan tersebut menunjukkan informasi pengguna lainnya akan tetap ada di profil mereka bersama dengan kontak dan informasi dasar lain. Keputusan Facebook untuk menghilangkan kolom profil khusus ini adalah bagian dari upayanya untuk merampingkan platformnya yang saat ini terdiri dari beberapa fitur yang agak ketinggalan zaman. Bidang informasi yang dipilih Facebook untuk dihapus adalah yang tidak ditawarkan oleh jejaring sosial utama lainnya.

Kabar penghapusan informasi ini muncul saat Meta memberhentikan 11 ribu pekerja, yaitu sekitar 13 persen dari tenaga kerjanya pada pekan lalu. Pemutusan hubungan kerja (PHK) terjadi di tengah masa sulit bagi Meta.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement