Senin 21 Nov 2022 00:05 WIB

5 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Pori-pori besar menjadi salah satu penyebab mudahnya berjerawat.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Jerawat (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Jerawat (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pori-pori besar menjadi salah satu penyebab mudahnya berjerawat. Diansir dari health shots pada Ahad (20/11/2022), pori-pori diperlukan agar kulit bisa mengeluarkan racun dalam bentuk keringat.

Namun, pori-pori yang membesar menyebabkan keringat berlebih yang bisa menjadi penyebab seringnya jerawat. Pori-pori bertambah besar sebagai akibat dari perubahan hormonal atau perubahan iklim.

Baca Juga

Pori-pori juga dapat membesar karena proses penuaan, kerusakan akibat sinar matahari atau gaya hidup yang tidak sehat ketika serat kolagen menurun dan tidak dapat menahan pori secara utuh.

 

Berikut lima cara untuk mengurangi ukuran pori-pori di wajah:

 

Jaga Kebersihan Wajah

 

Jika Anda memiliki pori-pori besar, Anda harus selalu menjaga kebersihan. Anda perlu memastikan bahwa tidak ada kotoran atau minyak yang menumpuk di wajah. Pembersihan kulit dan penghapusan riasan yang tepat akan membantu membuka pori-pori yang tersumbat dan mengurangi jerawat.

 

Gunakan Produk dengan Asam Salisilat

 

Menggunakan produk dengan asam beta hidroksi seperti asam salisilat yang bersifat lipolitik bisa membuka pori-pori, sehingga membantu mengurangi ukuran pori.

 

Retinoid

 

Produk kulit yang mengandung retinoid baik untuk kesehatan kulit secara keseluruhan karena membantu mengurangi jerawat. Anda bisa menggunakan retinoid 2 atau 3 kali seminggu untuk mengurangi sifat berminyak dan penumpukan sel mati. Jangan gunakan retinoid secara bersamaan dengan BHA dalam sesi yang sama.

 

Tetap Terhidrasi

 

Anda dapat mengecilkan pori-pori yang membesar dengan memberikan air yang cukup pada kulit Anda. Menghidrasi dan melembapkan dengan pelembab berbasis gel akan mencegah penyumbatan dan pembesaran pori-pori.

 

Tabir Surya

 

Tabir surya tidak boleh dianggap sebagai produk kecantikan yang mewah. Tabir surya perlu digunakan untuk menjaga kesehatan kulit Anda karena sinar ultraviolet matahri dapat menyebabkan banyak kerusakan. Penggunaan tabir surya secara teratur juga penting untuk mengurangi ukuran pori.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement