Ahad 20 Nov 2022 16:32 WIB

Tutup Porprov XIV, Gubernur Jabar: Kegiatan Sukses

Kabupaten Bekasi masih menempati peringkat pertama klasemen perolehan medali

Rep: Bayu Adji P/ Red: Gita Amanda
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menutup Porprov XIV tahun 2022 di Taman Raflesia Alun-Alun, Kabupaten Ciamis, Sabtu (19/11/2022).
Foto: Dok. Humas Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menutup Porprov XIV tahun 2022 di Taman Raflesia Alun-Alun, Kabupaten Ciamis, Sabtu (19/11/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, CIAMIS -- Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, menutup Pekan Olah raga Provinsi (Porprov) XIV tahun 2022 di Taman Raflesia Alun-Alun, Kabupaten Ciamis, Sabtu (19/11/2022). Ia mengapresiasi atas keberhasilan penyelenggaraan Porprov XIV di Kabupaten Ciamis.

"Saya mengucapkan selamat sekali lagi atas berlangsungnya Porprov XIV, yang dengan segala keterbatasannya berhasil diselenggarakan dengan sukses oleh Kabupaten Ciamis dan beberapa kota/kabupaten lainnya," kata dia melalui siaran pers, Ahad (20/11/2022).

Berdasarkan data terakhir hingga Ahad siang, Kabupaten Bekasi masih menempati peringkat pertama klasemen perolehan medali dalam ajang Porprov 2022. Kabupaten Bekasi meraih 189 emas, 139 perak, dan 123 perunggu.

Sementara di tempat kedua, Kota Bogor meraih 139 emas, 130 perak, dan 123 perunggu. Sedangkan Kota Bandung menduduki peringkat ketiga dengan raihan 121 emas, 116 perak, dan 158 perunggu. Tuan rumah kegiatan Porprov 2022, Kabupaten Ciamis berada di posisi sembilan dengan raihan 35 emas, 29 perak, dan 35 perunggu.

Dengan jarak raihan emas yang terpaut jauh, Kabupaten Bekasi hampir dipastikan menjadi juara umum Porpov XIV Jabar tahun 2022. Kabupaten Bekasi hampir dipastikan akan merebut tahta dari Kabupaten Bogor yang menjadi juara umum Porprov XIII tahun 2018. Kabupaten Bekasi mengulangi prestasi menjadi juara umum Porprov XII tahun 2014 ketika menjadi tuan rumah.

Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, mengatakan selanjutnya Porprov Jabar XV tahun 2026 akan dilaksanakan di Kota Bogor. "Selamat untuk Kota Bogor tahun 2026 Porprov Jabar digelar di sana. Selamat sekali lagi dan ini utama untuk Kabupaten Bekasi juara umum," ucap Emil.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengingatkan Jabar akan bertarung di PON Aceh tahun 2024. Gubernur ingin Jabar menjadi juara umum tiga kali berturut-turut.

Sementara itu, Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, mengaku bangga karena daerahnya sukses menjadi tuan rumah. Apalagi, Kabupaten Ciamis juga berhasil menorehkan prestasi yang signifikan dengan masuk 10 besar Porprov XIV 2022.

"Kita patut bersyukur dan berbangga selain sebagai tuan rumah 8 cabor, kita juga telah berhasil menduduki peringkat 9 dengan perolehan medali 35 emas 29 perak dan 35 perunggu," kata dia.

Menurutnya, capaian prestasi tersebut merupakan salah satu kenaikan yang signifikan. Sebab, pada ajang Porprov sebelumnya, Kabupaten Ciamis hanya mampu menduduki peringkat ke 23 dengan raihan 6 emas, 18 perak dan 13 perunggu.

"Untuk itu saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada para atlet, pelatih, ofisial, manajer dan pendamping, khususnya dari jajaran KONI dan OPD terkait atas perjuangannya selama ini," kata dia.

Menurut Herdiat, dengan ditunjuknya Ciamis sebagai tuan rumah pada Porprov tahun ini, terdapat perubahan yang positif pada sarana dan prasarana infrastruktur olahraga. Ia mengatakan, pihaknya bisa memperbaiki beberapa sarana prasarana infrastruktur olahraga, dengan harapan akan mampu memperbaiki prestasi atlet-atlet kami di masa yang akan datang.

Ia menambahkan, Porprov juga memberikan dampak yang positif pada perekonomian warga masyarakat Ciamis. "Hampir 50 persen dari ratusan stand UMKM selama Porprov ini omzetnya naik hampir dua kali lipat, hotel, penginapan selama kegiatan berlangsung terisi penuh, restoran catering orderannya pun ikut naik, itu artinya perputaran uang di Kabupaten Ciamis naik signifikan," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement