Ahad 20 Nov 2022 15:04 WIB

Rep: Fernan Rahadi/ Red: Fian Firatmaja

FIFA Maksimalkan Penggunaan Teknologi pada Piala Dunia 2022

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA — Federasi sepak bola dunia FIFA memastikan seluruh wasit telah siap menjadi pemimpin pertandingan pada laga-laga Piala Dunia yang akan dimulai Ahad (20/11/2022). FIFA juga memastikan penggunaan teknologi terbaru akan mewarnai keputusan-keputusan wasit nantinya.

Chairman of the FIFA Referees Committee, Pierluigi Collina, menegaskan bahwa Piala Dunia adalah turnamen olahraga terpenting di muka bumi. Oleh karena itu sudah menjadi tugas FIFA untuk memastikan seluruh pemain terbaik dunia yang bermain di di dalamnya dijaga keselamatannya, terutama dari cedera yang diakibatkan pemain lawan. 

Para wasit pun menyatakan telah siap memimpin seluruh laga yang akan berlangsung di ibu kota Qatar, Doha, ini. Seperti yang dikatakan Chris Beath, seorang wasit asal Australia. Menurut Beath, penggunaan teknologi seperti Video Assistant Referee (VAR) dan teknologi terbaru yakni semi automatic offside lines akan menjadi pembuat perbedaan pada Piala Dunia kali ini.

Beath juga menyatakan kesiapannya menghadapi cuaca terik pada Piala Dunia pertama di negara Muslim ini. Ajang kali ini jiga akan menjadi ajang pertama di mana terdapat wasit wanita yaitu Kathryn Nesbitt.

 

 

 

 

Videografer | Fernan Rahadi

Video Editor | Fian Firatmaja