Sabtu 19 Nov 2022 23:06 WIB

Menperin: Kesuksesan Presidensi G20 Perkuat Pertumbuhan Manufaktur

G20 catat penambahan isu industri pada TIIWG sebagai inisiatif Presidensi Indonesia

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita (tengah) bersama Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Alexandra Askandar (kiri) mengikuti fasyen show batik on the street saat pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Ahad (2/10/2022). Kegiatan yang turut didukung oleh Kementerian Perindustrian  tersebut digelar sebagai rangkaian Hari Batik Nasional dan HUT Bank Mandiri ke-24.Republika/Prayogi.
Foto: Republika/Prayogi
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita (tengah) bersama Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Alexandra Askandar (kiri) mengikuti fasyen show batik on the street saat pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Ahad (2/10/2022). Kegiatan yang turut didukung oleh Kementerian Perindustrian tersebut digelar sebagai rangkaian Hari Batik Nasional dan HUT Bank Mandiri ke-24.Republika/Prayogi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang suksesakan bermanfaat bagi pertumbuhan manufaktur di Indonesia.

"Seperti disampaikan Bapak Presiden Joko Widodo, Indonesia memastikan bahwa G20 bermanfaat terhadap anggotanya juga untuk dunia, terutama bagi negara berkembang. Sesuai dengan tema recover together, recover stronger," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita lewat keterangannya di Jakarta, Sabtu (19/11/2022).

Paragraf ke-37 Deklarasi Para Pemimpin G20 Bali menyebutkan komitmen antara lain yang terkait dengan perdagangan, investasi, dan industri, yaitu untuk memperkuat perdagangan internasional dan kerja sama investasi untuk menyelesaikan isu supply-chain, juga mencegah hambatan-hambatan perdagangan.

G20 percaya bahwa perdagangan dan kebijakan terkait iklim/lingkungan harus saling mendukung, serta WTO dapat konsisten dan berkontribusi terhadap objectives dari pembangunan berkelanjutan.

G20 juga memahami pentingnya kerja sama internasional yang inklusif dalam perdagangan digital, serta perlunya dukungan bagi peningkatan nilai tambah melalui investasi yang inklusif dan berkelanjutan di sektor-sektor produktif, seperti sektor manufaktur hilir, perdagangan digital, serta jasa. Selain itu, menjembatani investor asing dengan perusahaan lokal, terutama yang berskala kecil dan menengah.

G20 mencatat penambahan isu industri pada TIIWG sebagai inisiatif dalam Presidensi Indonesia untuk mendiskusikan koherensi kebijakan antara perdagangan, investasi, dan industri serta untuk terus mengatasi isu-isu terkait industri dalam proses G20 yang lebih luas.

"Isu koherensi kebijakan antara perdagangan, investasi, dan industri penting untuk menghadapi tantangan ekonomi saat ini dan di masa mendatang," tutur Menperin.

Sebelumnya, menuju KTT G20 tahun 2022, pada rangkaian kegiatan TIIWG telah dilaksanakan pertemuan menteri-menteri perdagangan, investasi, dan industri atau Trade, Investment, and Industry Ministerial Meeting (TIIMM).

Dokumen hasil G20 TIIMM merupakan salah satu elemen dalam penyusunan Deklarasi Para Pemimpin G20 Bali. Di sela-sela pertemuan menteri-menteri tersebut juga dilakukan penandatanganan kontrak dagang antara pelaku usaha Indonesia dengan mitranya di beberapa negara dengan total kontrak sejumlah 23 kontrak dagang bernilai 1 miliar dolar AS.

G20 juga mendorong pentingnya digitalisasi, yang menjadi kunci untuk pemulihan dan penguatan lintas sektor, termasuk mendukung perdagangan, industrialisasi, dan investasi yang inklusif.

Selain itu, juga meningkatkan produktivitas dan membuka potensi ekonomi di masa depan, terutama bagi UMKM, IKM, dan start-up. Hal ini penting untuk memastikan bahwa tidak ada yang ditinggalkan dalam upaya mentransformasi masyarakat secara digital.

"Seperti yang disampaikan Bapak Presiden, ekonomi digital adalah kunci masa depan ekonomi dunia yang saat ini telah menyumbang sekitar15,5 persen PDB global," papar Menperin.

Transformasi digital juga membuka peluang bagi masyarakat kecil menjadi bagian dari rantai pasok global. Hal ini sejalan dengan upaya Kemenperin serta para stakeholder seperti Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia untuk memfasilitasi link and match antara pelaku industri besar dengan IKM

Forum G20 juga berupaya memperkuat kerja sama internasional untuk mengamankan keterjangkauan dan aksesibilitas energi dengan membatasi kenaikan harga energi dan meningkatkan teknologi yang bersih, aman, inklusif, dan berkelanjutan.

Forum mendeklarasikan komitmen untuk mendukung investasi pada infrastruktur dan industri yang juga berkelanjutan.

Kerja sama G20 juga membuka peluang untuk memperkuat kapasitas dan kerja sama industri manufaktur alat kesehatan di tingkat lokal dan regional.

Hal itu untuk mendukung dialog dan kolaborasi untuk membangun jaringan kesehatan digital global terpercaya sebagai bagian dari upaya untuk memperkuat pencegahan pandemi di kemudian hari.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement