Sabtu 19 Nov 2022 20:50 WIB

11 Makanan Ini Dianggap Sehat Tetapi Mengandung Banyak Gula

Sejumlah makanan dianggap sehat tetapi ternyata mengandung banyak gula.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Sejumlah makanan dianggap sehat tetapi ternyata mengandung banyak gula.
Foto: Pixabay
Sejumlah makanan dianggap sehat tetapi ternyata mengandung banyak gula.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak produk makanan yang mengklaim alami, terbuat dari gandum utuh, dan sejenisnya. Namun, ada gula tambahan dalam jumlah tinggi yang tertera pada label bahan. Berikut 11 makanan yang sering dianggap sehat tetapi ternyata mengandung banyak gula.

1. Yoghurt

Baca Juga

Beberapa yogurt sangat sehat, yang tidak mengandung gula tambahan sama sekali. Namun, banyak yogurt populer, terutama varietas rendah atau tanpa lemak, mengandung jumlah gula yang sangat tinggi 19 gram gula per sajian, 13 gram di antaranya ditambahkan gula.

 

2. Roti

Kebanyakan orang berpikir mereka aman dari tambahan gula dengan memilih roti gandum atau multigrain, tetapi banyak dari varietas ini masih mengandung gula tambahan yang substansial. Roti yang benar-benar sehat tidak boleh mengandung lebih dari 2 atau 3 gram gula per irisan. Idealnya tidak mengandung bahan-bahan seperti sirup jagung fruktosa tinggi atau jus tebu yang diuapkan.

 

3. Oatmeal instan

Oatmeal dalam bentuknya yang paling murni (gandum utuh) kaya akan serat, vitamin B, magnesium, selenium, seng, dan mineral lainnya. Ketika diproses dan dibagi menjadi paket satu porsi, ada tambahan gula. Jika menambahkan buah kering, madu, atau topping oatmeal lainnya, Anda mungkin melampaui rekomendasi harian itu.

 

4. Granola dan granola bar

Sarapan favorit lainnya, granola dan granola bar sering dipasarkan sebagai makanan sehat karena rendah lemak dan (terkadang) tinggi biji-bijian. Kedua klaim kesehatan itu dapat dengan cepat dibantah oleh kandungan gulanya.

 

5. Protein bar

Banyak protein bar mengandung gula. Untungnya, beberapa merek memang membuat batangan protein rendah gula. Jika Anda sensitif terhadap pemanis alternatif, pilihan terbaik adalah memilih batang protein makanan utuh, seperti batang RX yang terbuat dari buah dan protein putih telur.

 

6. Saus, bumbu, dan saus salad

Kecap, saus barbekyu, saus salad berbasis berry, dan topping manis lainnya diketahui mengandung gula.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement