Senin 21 Nov 2022 16:15 WIB

5 Perbedaan Menggunakan WhatsApp Web dengan WhatsApp Desktop

WhatsApp Messenger merupakan aplikasi pesan lintas platform

Sebuah ilustrasi foto menunjukkan logo aplikasi perpesanan media sosial Whatsapp.
Foto: EPA-EFE/IAN LANGSDON
Sebuah ilustrasi foto menunjukkan logo aplikasi perpesanan media sosial Whatsapp.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - WhatsApp Messenger adalah aplikasi pesan untuk ponsel cerdas. WhatsApp Messenger merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa pulsa, karena WhatsApp Messenger menggunakan paket data internet.

Bagi kalian yang suka menggunakan Whatsapp di perangkat Laptop atau PC, lebih baik manakah antara Whatsapp web atau Whatsapp Desktop ?

Baca Juga

Seperti di ulas situs ayovaksindinkeskdi.id tentunya masing – masing memiliki kelebihan dan kekurangan, namun di ulasan kali ini kami sudah merangkum beberapa perbedaan antara Whatsapp Web dan Whatsapp desktop, berikut penjelasanya.

Perbedaan WhatsApp Desktop vs WhatsApp Web

Melansir Pusat Bantuan WhatsApp, berikut perbedaan dan cara pakai WhatsApp Desktop vs WhatsApp Web.

1. Cara akses

Kita tahu bahwa WhatsApp Desktop serupa dengan aplikasi WhatsApp di hp. Namun memang WA desktop di buat hanya untuk perangkat laptop dan komputer. Artinya, pengguna perlu mengunduh aplikasi WhatsApp Desktop terlebih dahulu di perangkat sebelum menggunakannya.

Sedangkan untuk WhatsApp Web merupakan layanan kirim pesan WhatsApp yang berbasis di browser laptop dan komputer. Untuk menggunakan WA Web, pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi ke perangkat, namun cukup membuka situs whatsapp.com di browser. Setelah itu, masuk ke akun WhatsApp yang terhubung dengan aplikasi WhatsApp di hp.

2. Tampilan

WhatsApp ini sebenarnya memiliki tampilan serupa, mulai dari desain, fitur, ikon, dan lainnya. Namun, WhatsApp Desktop bisa memberikan tampilan aplikasi yang lebih penuh ketimbang WhatsApp Web.

Hal ini di karenakan WhatsApp Desktop berupa aplikasi tersendiri. Sementara, WhatsApp Web terbuka di browser, sehingga terbatas dengan tampilan standar browser.

3. Fitur

Dari segi fitur dan layanan yang digunakan oleh WhatsApp Desktop, Pengguna nya dapat dengan mudah untuk mengubah status pesan terbaca.

Di samping itu, pengguna WhatsApp Desktop juga bisa menonaktifkan notifikasi pesan masuk dari penerima atau grup tertentu dan menandai pesan dari penerima atau grup penting. Sementara di WhatsApp Web, hal-hal ini tidak bisa dilakukan.

4. Notifikasi

Notifikasi pesan masuk di WhatsApp Desktop berupa bunyi dan pop up pesan, sehingga mudah 'mengintip' pesan yang masuk sebelum membukanya, sedangkan di WhatsApp Web, notifikasinya hanya berupa bunyi.

5. Konsumsi RAM

Penggunaan WhatsApp Desktop disebut lebih ringan bagi laptop dan komputer karena mengonsumsi RAM yang lebih sedikit ketimbang WhatsApp Web. Sebuah percobaan menunjukkan konsumsi RAM WhatsApp Desktop hanya berkisar 210-260MB, sedangkan WhatsApp Web mencapai 260-300MB.

Kendati hanya beda sedikit, tetapi hal ini bisa menjadi pertimbangan untuk mengakses layanan WhatsApp mana yang lebih ringan bagi perangkat Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement