Sabtu 19 Nov 2022 03:16 WIB

Ini Dampak Intervensi VAR di Klasemen Sementara Liga Primer Inggris

Intervensi VAR itu memiliki dampak besar pada hasil sebuah pertandingan.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Wasit mengecek video assistant referee (VAR) dalam sebuah laga/ilustrasi.
Foto: EPA/Friedemann Vogel
Wasit mengecek video assistant referee (VAR) dalam sebuah laga/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, LEEDS -- Intervensi Video Assistant Referee (VAR) terhadap keputusan wasit di atas lapangan menjadi salah satu sorotan di pentas Liga Primer Inggris musim ini. Hingga Liga Primer Inggris musim ini telah menuntaskan pekan ke-16, ada 48 keputusan wasit di atas lapangan yang akhirnya dianulir setelah mendapatkan review dari VAR.

Hanya dua keputusan di atas lapangan yang tetap bertahan meski wasit sempat melakukan review langsung rekaman video di pinggir lapangan. Berdasarkan catatan Yorkshire Post, intervensi VAR di pentas Liga Primer Inggris musim ini telah berujung pada pengesahan 16 gol. Sementara 15 gol dianulir akibat intervensi VAR tersebut.

Baca Juga

''Intervensi VAR itu memiliki dampak besar pada hasil sebuah pertandingan. Kondisi ini juga berimbas pada posisi klub kontestan di papan klasemen sementara dan peta persaingan Liga Primer Inggris pada musim ini,'' tulis laporan Yorkshire Post tersebut, Kamis (17/11/2022).

Di papan klasemen sementara tanpa intervensi VAR, Arsenal tetap berada di posisi teratas. Begitu pula dengan posisi juara bertahan Liga Primer Inggris, Manchester City. Namun, meski memimpin klasemen sementara, the Gunners hanya unggul dua poin dari the Citizens.

Jumlah selisih poin ini berbeda dengan margin poin antara kedua tim di papan klasemen sementara keluaran otoritas penyelenggara kompetisi, yang berjarak lima poin. Perbedaan ini berpangkal pada intervensi VAR di dua laga the Citizens, tepatnya saat dibekap Liverpool, 0-1, pertengahan Oktober 2022, dan ditahan imbang Newcastle United, 3-3, akhir Agustus 2022.

''Di laga kontra Liverpool, wasit menganulir gol Phil Foden usai review dari VAR. Sementara di laga kontra Newcastle United, wasit mengesahkan gol Miguel Almiron meski gelandang serang the Magpies itu diduga telah berdiri dalam posisi offside,'' lanjut laporan Yorkshire Post tersebut.

Selain itu, Leeds United juga menjadi salah satu klub yang paling sering mendapatkan intervensi VAR di pentas Liga Primer Inggris musim ini sebanyak empat kali. Dari empat kesempatan itu, hanya satu intervensi VAR yang dianggap menguntungkan the Whites.

Setelah jeda kompetisi akibat Piala Dunia 2022, Liga Primer Inggris akan kembali bergulir pada akhir Desember mendatang. Klub-klub kontestan akan langsung melakoni laga Boxing Day di partai pertama Liga Primer Inggris pasca-jeda Piala Dunia 2022.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement