Jumat 18 Nov 2022 17:06 WIB

Pemkot Jaksel Perbaiki Saluran Ambruk di Perumahan Pondok Indah

Pemicu ambruknya saluran diakibatkan dua sisi turap saluran terkikis air saat hujan.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Pengerjaan proyek perbaikan saluran air atau drainase di Jalan Tole Iskandar dan Jalan Raden Saleh, Kota Depok (ilustrasi).
Foto: Republika/Rusdy Nurdiansyah
Pengerjaan proyek perbaikan saluran air atau drainase di Jalan Tole Iskandar dan Jalan Raden Saleh, Kota Depok (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Kota Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) memperbaiki saluran ambruk kedalaman 60 sentimeter (cm) di Jalan Gedung Hijau Raya, Kelurahan Pondok Pinang, Kecamatan Kebayoran Lama, guna perbaikan fasilitas serta antisipasi banjir. Saluran dengan lebar satu meter, kedalaman 60 sentimeter, dan panjang lima meter itu terletak tepat di kawasan Perumahan Pondok Indah.

"Penyebab ambruknya saluran tersebut diakibatkan dua sisi turap saluran yang dibangun dari batu kali amblas lantaran tanahnya terkikis air saat hujan. Untuk itu dikerahkan tujuh personel untuk melakukan perbaikan sejak sepekan yang lalu," kata Kepala Satuan Pelayanan (Kasatpel) Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Kebayoran Lama, Andriyansah di Jakarta, Jumat (18/11/2022).

Andriyansah menuturkan, ambruknya turap saluran tersebut ternyata berdampak pada ambruknya pelat coran beton penutup saluran hingga pecahan material batu menutup saluran. Akibatnya, saat hujan air tidak mengalir lancar ke saluran penghubung yang membuat air meluap hingga menggenangi jalan di kawasan tersebut. Sehingga, hal itu menyulitkan orang atau kendaraan melintas.

Menurut Andriyansah, pengerjaan perlu dilakukan ekstra hati-hati antisipasi agar tembok pagar rumah tidak ambruk. Dengan begitu, perlu sebulan ke depan untuk menyelesaikannya. "Selain memperbaiki saluran, di tikungan Jalan Alam Sari di perumahan tersebut petugas juga mengerjakan perbaikan tali air yang rusak," katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Jaksel Munjirin menginstruksikan jajarannya untuk mengidentifikasi wilayah dalam penanganan banjir di seluruh lokasi. Munjirin meneruskan yang disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono pada pertemuan seluruh pimpinan, yakni harus adanya imbauan ke masyarakat terkait lokasi genangan.

Munjirin menuturkan, lokasi genangan yang sudah bisa dipetakan antara lain Kemang, Bangka dan Kemang Utara. Dengan demikian, Pemkot Jaksel terus menggencarkan memperbaiki dan membangun saluran air sebagai upaya penanganan banjir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement