Jumat 18 Nov 2022 17:02 WIB

Anies Pantau Parpol Lain Sebelum Umumkan Cawapresnya

Pengumuman akan disampaikan saat minimal ada gambaran terkait pesaingnya di 2024.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Ratna Puspita
Tim kecil Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan PKS bersama bakal calon presiden Anies Baswedan menggelar pertemuan di Restoran Pgi Sore, Jakarta, Jumat (18/11).
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Tim kecil Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan PKS bersama bakal calon presiden Anies Baswedan menggelar pertemuan di Restoran Pgi Sore, Jakarta, Jumat (18/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bakal calon presiden (capres) dari Partai Nasdem Anies Baswedan mengatakan bahwa masih banyak waktu sebelum menentukan calon wakil presiden (cawapres). Ia juga mengatakan, koalisinya masih menunggu pergerakan dan keputusan partai politik lain dalam menghadapi pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

"Dalam hal ini, kita sudah tahu siapa saja yang ikut, siapa saja yang kira-kira, nah pada saat ini kita sudah pasti InsyaAllah yang bertiga ini. Karena itu, yang bertiga bereskan dulu bagian kita, sambil kita menunggu, ini bagian dari strategi," ujar Anies di Restoran Pagi Sore, Jakarta, Jumat (18/11/2022).

Baca Juga

Menurutnya, sebuah langkah prematur ketika sudah memutuskan cawapresnya saat ini. Kendati demikian, ia menyebut bahwa Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah memiliki kriteria untuk memutuskan sosok yang tepat.

"Prematur untuk membicarakan pasangan sekarani, tapi menyepakati kriteria sekarang. Kriteria nya apa? kombinasi pasangan yang memiliki probabilitas untuk memenangkan kontestasi. Kriteria itu kesepakatannya, tapi siapanya kita nunggu nanti," ujar Anies.

Meski menunggu kesepakatan partai politik lain, ia mengatakan, koalisinya tak akan mengumumkan pada detik-detik akhir pendaftaran pasangan capres-cawapres. Pengumuman akan disampaikan saat minimal ada gambaran terkait pesaingnya di 2024.

"Tidak selalu menunggu sampai final, tapi paling tidak gambarannya ada, hari ini gambarannya belum ada sama sekali. Yang sudah lebih jelas bersama itu ini dan keseriusannya ada," ujar Anies.

Dalam pertemuan tersebut, Anies menyampaikan tiga kriteria cawapresnya. Ketiganya adalah dapat membantu pemenangan, membuat koalisi solid, dan memiliki efektivitas dalam pemerintahan jika menang nanti.

"Semua opsi itu terbuka, tentu nanti akan dibahas juga bersama-sama. Jadi saya rasa pada fase ini itu fase kita lihat semua opsi kemudian kriteria sederhana kok," ujar mantan gubernur DKI Jakarta itu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement