Jumat 18 Nov 2022 19:52 WIB

Artemis, Kembaran Apollo yang Jadi Babak Baru Misi Penjelajahan Manusia ke Bulan

Nama Artemis diambil dari mitologi yang merupakan saudara kembar Apollo.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Dwi Murdaningsih
Peluncuran misi Artemis 1, misi tak berawak NASA ke Bulan.
Foto: nasa
Peluncuran misi Artemis 1, misi tak berawak NASA ke Bulan.

REPUBLIKA.CO.ID, CAPE CANAVERAL -- Roket bulan generasi baru NASA yang menjulang tinggi meluncur dari Florida dalam penerbangan debutnya pada Rabu (16/11/2022) pagi. Sebuah penjelajahan tanpa awak yang meresmikan program eksplorasi Artemis badan antariksa Amerika Serikat (AS) 50 tahun setelah misi bulan Apollo terakhir.

Roket Space Launch System (SLS) 32 lantai meluncur dari landasan peluncuran dari Kennedy Space Center di Cape Canaveral pada pukul 01:47 waktu setempat. Roket ini mengirim kapsul Orion dalam perjalanan uji tiga minggu mengelilingi bulan dan kembali tanpa astronot.

Baca Juga

Liftoff terjadi pada upaya ketiga untuk meluncurkan roket bernilai miliaran dolar yang telah lama tertunda. Selama 10 minggu rencana peluncuran dilanda banyak kecelakaan teknis, badai yang terus-menerus, dan dua perjalanan yang menyeret pesawat ruang angkasa keluar dari hanggar ke landasan peluncuran.

Gemuruh roket mengguncang Kennedy Space Center saat kerumunan penonton bersorak dan berteriak kegirangan. Direktur peluncuran Artemis Charlie Blackwell-Thompson memberi hormat atas kerja keras rekan-rekannya.

"Kalian telah bekerja keras sebagai tim untuk momen ini. Ini momen kalian. Kita semua adalah bagian dari sesuatu yang sangat istimewa, peluncuran pertama Artemis, langkah pertama untuk mengembalikan negara kita ke bulan dan ke Mars," kata Blackwell-Thompson.

Sekitar 90 menit setelah peluncuran, bagian atas roket dirancang untuk melontarkan Orion keluar dari orbit Bumi untuk penerbangan 25 hari yang akan membawanya ke dalam jarak 97 km dari permukaan bulan sebelum berlayar sejauh 64.374 km melewati bulan dan kembali ke Bumi.  Kapsul itu diperkirakan akan jatuh ke laut pada 11 Desember.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement