Jumat 18 Nov 2022 07:53 WIB

Mengenal Kain Endek Bali yang Digunakan Delegasi KTT G20

Kain Endek merupakan kain tenun dari Bali yang merupakan karya seni terapan.

Rep: Mabruroh/ Red: Friska Yolandha
Presiden China Xi Jinping, kiri, dan istrinya Peng Liyuan berjalan pada acara Makan Malam Penyambutan KTT Pemimpin G20, di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, di Badung, Bali, Indonesia, pada Selasa 15 November 2022.
Foto: Willy Kurniawan/Pool Photo via AP
Presiden China Xi Jinping, kiri, dan istrinya Peng Liyuan berjalan pada acara Makan Malam Penyambutan KTT Pemimpin G20, di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, di Badung, Bali, Indonesia, pada Selasa 15 November 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gala Dinner di malam penghujung acara KTT G20 di Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali menorehkan cerita tersendiri. Para delegasi dan tamu undangan hadir dengan mengenakan kain tradisional Indonesia yang merupakan cinderamata dari Bangsa Indonesia selaku tuan rumah KTT.

Namun siapa sangka cedera mata itu justru menuai polemik di negara lain. Mereka mungkin tidak paham, bahwa busana yang digunakan oleh para pemimpin-pemimpin bangsa itu merupakan budaya lokal Indonesia yang sarat dengan makna.

Baca Juga

Misalnya Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau yang memakai kemeja tenun berwarna fuchsia di area taman budaya GWK yang mencuri perhatian. Selanjutnya adalah Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak yang tampil dengan kemeja tenun yang dominan warna merah magenta.

photo
Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak tiba untuk makan malam formal, selama KTT G20, di Nusa Dua, Indonesia, Selasa 15 November 2022. - (Leon Neal/Pool Photo via AP)

Presiden China Xi Jinping memakai kain tenun bermotif bunga bernuansa biru. Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida memakai kain tenun bernuansa hijau tosca.

Perdana Menteri India, Narendra Modi yang memakai kain tenun bernuansa ungu. Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez tampil dengan batik bernuansa biru dan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese dengan kemeja batik coklat.

photo
Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov berjalan pada Makan Malam Penyambutan selama KTT Pemimpin G20, di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, di Badung, Bali, Indonesia, pada Selasa 15 November 2022. - (Willy Kurniawan/Pool Photo via AP)

Kementerian Sekretariat Negara RI dalam situs resminya menyebutkan, bahwa Indonesia sebagai tuan rumah telah menyiapkan sejumlah cendera mata khas Indonesia, yakni kain atau wastra Indonesia yang digunakan para ketua delegasi KTT G20.  Ada dua jenis kain tradisional yang menjadi pilihan cendera mata, yakni Batik Tiga Negeri Pekalongan dan Kain Tenun Ikat Catri Klungkung Bali.

Dalam unggahan di media sosial Kementerian Sekretaris Negara, bahwa kain tenun yang dipakai untuk busana perwakilan negara G20 ini merupakan buatan tangan dari Dian's Rumah Songket & Endek, sebuah rumah produksi wastra Bali.

Mengenal Kain Endek Bali

Kain Endek merupakan kain tenun yang berasal dari Bali dan merupakan hasil dari karya seni rupa terapan, yang berarti karya seni yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam filosofinya, Endek berasal dari kata "gendekan" atau "ngendek" yang berarti diam atau tetap, tidak berubah warnanya.

Tenun ikat endek memiliki sebutan yang beragam di setiap daerah, endek yang dibuat di Kabupaten Gianyar dikenal dengan nama endek Gianyar, di Klungkung terkenal dengan nama endek Klungkung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement