Kamis 17 Nov 2022 21:02 WIB

Tidak Sekadar Juara, Giroud Punya Ambisi Lain di Piala Dunia 2022

Giroud mengoleksi 49 gol dari 114 kesempatan membela Les Blues.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
 Olivier Giroud dari Prancis
Foto: AP/Christophe Ena
Olivier Giroud dari Prancis

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Olivier Giroud memiliki dua ambisi besar di gelaran Piala Dunia 2022. Selain mengantarkan Prancis mempertahankan gelar juara, penyerang AC Milan itu juga berniat menggeser Thierry Henry di posisi teratas daftar pencetak gol terbanyak di sepanjang sejarah Les Bleus. 

Dengan koleksi 49 gol dari 114 kesempatan membela les Blues di semua ajang, Giroud berada di posisi kedua top skor sepanjang masa Prancis. Penyerang berusia 36 tahun itu hanya tertinggal dua gol dari koleksi gol eks penyerang Arsenal dan Barcelona, Thierry Henry. Giroud pun mengungkapkan tekad untuk bisa menyamai, atau bahkan melampui koleksi gol Henry buat Les Blues tersebut. 

Baca Juga

Dengan begitu, penyerang yang melakoni debut di timnas Prancis pada 2011 itu dapat menyabet rekor pencetak gol terbanyak les Bleus sepanjang masa. "Butuh dua gol untuk menyamai rekor dia (Henry), dan tiga gol untuk melewatinya. Akan sangat memalukan apabila saya berhenti dengan selisih dua gol darinya. Namun, berada di belakang dia (Henry) sudah cukup membanggakan buat saya," kata Giroud seperti dilansir Football Italia, Kamis (17/11/2022). 

Giroud menatap Piala Dunia 2022 dengan kepercayaan diri usai tampil impresif di level klub pada musim ini. Tampil dalam 19 laga di semua ajang pada musim ini, Giroud telah mencetak sembilan gol dan lima assist buat I Rossoneri. 

Meski harus bersaing dengan Kylian Mbappe dan Karim Benzema di lini serang Les Blues, Giroud yakin bisa mendapatkan kesempatan merumput di Piala Dunia 2022. Kepercayaan yang diberikan pelatih Didier Deschamps akan dibayar maksimal oleh Giroud. 

"Deschamps tentu memerlukan semua pemain di skuad ini di sepanjang Piala Dunia. Saat dia menurunkan saya, saya harus siap dan berusaha untuk menjadi penentu kemenangan tim," kata eks penyerang Arsenal tersebut. 

Buat Giroud, Piala Dunia 2022 merupakan kesempatan ketiga tampil di Piala Dunia. Giroud tidak pernah absen membela les Blues dalam dua edisi terakhir, termasuk saat menjadi kampiun di Piala Dunia 2018. Giroud pun mengaku termotivasi untuk bisa tampil maksimal di Qatar, termasuk mengusung tekad membawa Prancis mempertahankan gelar juara. 

"Saya akan menatap turnamen ini selayaknya pemain yang melakoni turnamen mayor terakhir bersama timnas. Saya sangat termotivasi seperti saat pertama kali tampil di Piala Dunia. Saya ingin menikmati setiap momen, dan tentu saja, bertekad mempertahankan gelar juara," ujar Giroud. 

Prancis akan membuka penampilan di Qatar dengan menghadapi Australia di Grup D, Rabu (23/11/2022) dini hari WIB. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement