Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Djoko Soegiyanto, S.Pi, S.Pd, M.Pd.I

Guru Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Guru Menulis | Thursday, 17 Nov 2022, 13:53 WIB

Menjadi guru merupakan sebuah profesi yang membanggakan bagi seseorang yang sudah meluruskan niatnya untuk memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada orang lain. Karena guru merupakan kepanjangan dari digugu dan ditiru artinya orang yang menjadi seorang guru sudah seharusnya memiliki sikap yang patut diteladani oleh siswanya. Mampu mendidik dan mengarahkan siswanya agar menjadi anak yang memiliki pengetahuan yang baik, adab yang terpuji serta mampu menghargai orang lain dan sesama.

Pada hakikatnya menjadi seorang guru tidak hanya memberikan transfer ilmu pengetahuan yang dulunya siswa tidak memiliki pengetahuan menjadi memiliki pengetahuan yang banyak. Namun dewasa ini menjadi guru sudah menjadi sebuah profesi yang mulia karena mereka merupakan pewaris para nabi yang akan terus melanjutkan pendidikan dengan memberikan bimbingan dan arahan kepada semua siswanya agar siswanya tidak hanya sekedar mendapatkan pengetahuan secara kognitif namun poin pentingnya adalah guru mampu memberikan keteladanan, arahan dan bimbingan yang maksimal untuk semua siswanya.

Menjadi teladan adalah sesuatu hal yang sangat sulit dilakukan karena apabila hanya kita ucapkan maka tidak akan memberikan dampak apa-apa kepada semua siswa kita di dalam kelas. Contoh kecil adalah mengambil sampah dimana saat di kelas kita menyuruh siswa untuk mengambil sampah saat berinteraksi di lingkungan sekolah. Namun saat kita berjalan di lingkungan sekolah dan menjumpai sampah kita sebagai seorang guru malah tidak mau peduli dan berlalu begitu saja. Karena sebanarnya siswa kita akan selalu melihat semua gerak gerik kita sebagai seorang guru, baik dalam bertutur kata, berinteraksi di kelas maupun saat kita berjalan di halaman sekolah.

Mereka akan selalu melihat bagaimana sikap dan perilaku guru saat berinteraksi dengan siswa di kelas dan saat guru tadi mendapati sampah ketika guru tersebut berjalan di lingkungan sekolah. Sehingga jangan bermimpi memliki siswa yang sadar akan kebersihan, memiliki kepekaan terhadap sampah apabila gurunya tidak peka dan kurang baik dalam memberikan contoh kepada siswanya.

Karena siswa di kelas yang mereka jadikan role model dan contoh dalam kehidupan sehari-hari adalah gurunya di dalam kelas. Sehingga sebagai seorang guru (baca:pendidik) hendaknya selain kita memiliki tingkat kecerdasan yang baik, juga mampu memiliki sikap yang mampu memberikan keteladanan terhadap semua siswanya maka siswa kita akan mudah dalam mengarahkan untuk perbaikan sikap dan adab mereka baik selama di lingkungan sekolah maupun di lingkungan rumah dimana mereka tinggal.

Guru profesional berarti guru yang sudah memahami karakter siswa dengan beragamnya gaya belajar siswa di dalam kelas sehingga guru akan mencari model pembelajaran yang sesuai dan relevan agar proses pembelajaran di dalam kelas dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar. Selain itu guru juga harus mempu membuat perencanaan, refleksi dan evaluasi pada setiap pembelajaran yang mereka lakukan di dalam kelas. Tujuannya adalah agar para guru dapat mengetahui tingkat ketercapaian tujuan pembelajaran yang telah direncanakan. Mana yang sudah tercapai dan mana yang belum sehingga guru tersebut akan mampu memetekan dirinya baik tentang kekuatannya dimana dan harus ditingkatkan dan mana yang perlu diperbaiki untuk pembelajaran di masa yang akan datang.

Guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa dimana mereka akan mengajar dan mendidik dengan penuh dedikasi dan profesionalitas tingga agar siswanya menjadi anak yang berakhlak, berprestasi, mandiri dan berwawasan lingkungan sesuai dengan visi dan misi sekolah masing-masing. Meraka akan senantiasa mendedikasikan hidupnya untuk kemajuan dunia pendidikan karena sesungguhnya pendidikan merupakan tanggungjawab bersama baik orangtua, guru, serta stake holder lainnya sehingga tujuan pendidikan nasional akan semakin mudah dicapai. Berbanggalah dan berbahagialah apabila bapak ibu sudah berprofesi sebagai seorang guru karena apabila kita memiliki niat dan kemauan yang ikhlas untuk mendidik siswa kita maka Allah swt akan senantiasa memberikan kemudahan, kelancaran serta keberkahan dalam setiap aktivitas kita. Semoga bermanfaat.

Wallahua'alam bisshowab

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image