Kamis 17 Nov 2022 09:13 WIB

Inflasi Inggris 11,1 Persen, Capai Level Tertinggi 41 Tahun

Angka inflasi Inggris juga melampaui inflasi di 19 negara Uni Eropa.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Nidia Zuraya
Bank of England (Bank Sentral Inggris). Tingkat inflasi Inggris pada Oktober 2022 naik ke level tertinggi dalam 41 tahun terakhir.
Foto: telegraph.co.uk
Bank of England (Bank Sentral Inggris). Tingkat inflasi Inggris pada Oktober 2022 naik ke level tertinggi dalam 41 tahun terakhir.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Tingkat inflasi Inggris pada Oktober 2022 naik ke level tertinggi dalam 41 tahun terakhir. Itu memicu tuntutan bagi pemerintah untuk berbuat lebih banyak demi meringankan krisis biaya hidup negara ketika merilis rencana pajak dan pengeluaran baru.

Indeks harga konsumen melonjak 11,1 persen secara tahunan atau year on year (yoy) atau 10,1 persen dibandingkan September atau month to month (mtm), menurut Kantor Statistik Nasional pada Rabu (16/11/2022) seperti dilansir dari AP. Angka tersebut melebihi ekspektasi ekonom sebesar 10,7 persen.

Baca Juga

Harga makanan dan energi yang lebih tinggi mendorong tingkat inflasi Inggris ke level tertinggi sejak Oktober 1981, kata ONS. Ini melebihi rekor inflasi 10,7 persen yang terlihat bulan lalu di 19 negara Eropa yang menggunakan mata uang euro dan tingkat AS sebesar 7,7 persen, yang melambat pada bulan Oktober.

Angka-angka tersebut muncul sehari sebelum Menteri Keuangan Jeremy Hunt dijadwalkan mengungkap anggaran baru di tengah meningkatnya seruan untuk upah yang lebih tinggi, peningkatan tunjangan, dan lebih banyak pengeluaran untuk kesehatan dan pendidikan akibat gejolak inflasi yang mengikis daya beli.

Tuntutan tersebut memperumit upaya Hunt untuk menutup kekurangan anggaran yang diperkirakan mencapai 50 miliar pound atau sekitar 59 miliar dolar AS dan memulihkan kredibilitas keuangan pemerintah. Terutama pasca kebijakan ekonomi bencana mantan Perdana Menteri Liz Truss yang merusak kepercayaan investor dan memicu gejolak di pasar keuangan.

"Kita tidak bisa memiliki pertumbuhan jangka panjang yang berkelanjutan dengan inflasi tinggi," kata Hunt setelah angka inflasi dirilis.

"Besok saya akan menetapkan rencana untuk membuat utang, memberikan stabilitas, dan menurunkan inflasi sambil melindungi yang paling rentan," katanya menambahkan.

Pemerintah dan bank sentral di seluruh dunia tengah berjuang untuk menahan meluasnya inflasi yang mulai meningkat saat ekonomi global pulih dari pandemi virus corona, kemudian melonjak setelah invasi Rusia ke Ukraina membatasi pasokan gas alam, minyak, biji-bijian, dan minyak goreng.

Meskipun tidak banyak yang dapat dilakukan oleh pembuat kebijakan untuk memerangi guncangan eksternal semacam itu, kenaikan harga menjadi masalah karena produsen membebankan biaya kepada konsumen. Sementara, pekerja menuntut upah yang lebih tinggi dan menimbulkan ancaman jangka panjang terhadap pertumbuhan ekonomi.

Bank of England awal bulan ini memperkirakan, inflasi Inggris akan mencapai puncaknya sekitar 11 persen pada kuartal keempat dan mulai turun awal tahun depan.

Bank telah menyetujui delapan kenaikan suku bunga berturut-turut, mendorong suku bunga utamanya menjadi 3 persen karena para pembuat kebijakan mencoba mengembalikan inflasi sesuai dengan target 2 persen mereka.

Hunt mengatakan pemerintah memiliki kewajiban untuk membantu Bank of England mengendalikan inflasi dan bertindak secara bertanggung jawab dengan keuangan negara.

Komentar itu sangat kontras dengan pesan dari Truss, yang mengatakan itu adalah tanggung jawab pemerintah untuk memacu pertumbuhan, menyiapkan tarik-menarik antara pemerintah yang menginjak pedal gas ekonomi dan bank sentral yang berusaha mendinginkan ekonomi. perekonomian dengan biaya pinjaman yang lebih tinggi.

Bank sentral Eropa dan AS juga telah menaikkan suku bunga secara agresif, meskipun Federal Reserve diperkirakan akan meredam mereka setelah inflasi melambat menjadi 7,7 persen bulan lalu dari 8,2 persen pada bulan September. Kendati demikian, inflasi Inggris belum mencapai puncaknya.

Harga makanan tercatat naik 16,4 persen dalam 12 bulan hingga Oktober, menjadi lompatan terbesar sejak September 1977. Itu karena supermarket meneruskan kenaikan biaya kepada konsumen, kata kantor statistik.

Biaya listrik dan gas alam melonjak 24 persen, bahkan setelah pemerintah membatasi harga energi untuk melindungi konsumen dari dampak krisis energi terkait perang di Ukraina.

Shona Lowe, seorang ahli perencanaan keuangan di fund manager abrdn, mengatakan kondisi itu dapat dimengerti, inflasi menjadi perhatian utama sebagian besar rumah tangga. “Sayangnya, Inggris Raya belum mengikuti jejak AS dalam hal pelonggaran inflasi,” katanya.

"Faktanya, Bank of England mengumumkan minggu lalu bahwa inflasi diperkirakan tidak akan turun hingga pertengahan tahun depan, sehingga konsumen perlu bersiap menghadapi tekanan lebih lanjut pada keuangan mereka," ujar Lowe. 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement