Rabu 16 Nov 2022 22:04 WIB

Erick Thohir Tegaskan Indonesia Serius Calonkan IKN Tuan Rumah Olimpiade 2036

Presiden Jokowi meminta Erick menjalin komunikasi dengan IOC untuk Olimpiade 2036.

Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) bersama President IOC Thomas Bach (kedua kiri) dan President FIFA Gianni Infantino (kedua kanan) pada acara makan siang leader G20 di Bali, Selasa (15/11/2022)
Foto: Dok Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) bersama President IOC Thomas Bach (kedua kiri) dan President FIFA Gianni Infantino (kedua kanan) pada acara makan siang leader G20 di Bali, Selasa (15/11/2022)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan Pemerintah Indonesia sangat serius mencalonkan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, sebagai tuan rumah Olimpiade 2036. Erick dalam konferensi pers di Nusa Dua, Bali, Rabu (16/11/2022) malam, mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu pagi telah memerintahkan dirinya untuk menjembatani diskusi dengan Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengenai pencalonan IKN. Erick juga berstatus IOC Member sehingga punya akses langsung.

"Setelah Presiden Jokowi menyampaikan pernyataan (pencalonan tuan rumah Olimpiade), beliau menghubungi saya dan memerintahkan untuk menjembatani diskusi dengan IOC terkait kesiapan pencalonan ini," kata Erick dalam konferensi pers sebagaimana dikutip dari tayangan daring.

Baca Juga

Erick mengatakan Indonesia sudah terbukti berhasil menyelenggarakan berbagai kegiatan internasional, seperti halnya rangkaian pertemuan Presidensi G20, selama satu tahun terakhir ini. Selain itu, pencalonan IKN sebagai tuan rumah Olimpiade 2036 juga diharapkan menjadi salah satu rangkaian menyambut peringatan satu abad kemerdekaan RI pada 2045.

Erick juga mengutip pernyataan Presiden IOC Thomas Bach bahwa olahraga juga dapat menciptakan perdamaian dunia. Tujuan perdamaian, kata Erick, senada dengan falsafah Indonesia yakni Bhinneka Tunggal Ika (Unity in Diversity).

"Melalui olahraga ini adalah salah satu langkah perdamaian yg bisa kami lakukan. Saya sangat berharap, dan kami sangat serius dalam menempuh langkah pencalonan ini, dan semoga bisa mendapat dukungan dari para anggota IOC," kata Erick.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan Indonesia sebenarnya mengajukan pencalonan tuan rumah Olimpiade 2032. Namun Indonesia kalah cepat dengan Australia yang mencalonkan Brisbane.

"Jadi kalau ditanya seserius apa? Ya, kami sangat serius dan berpengalaman menjadi tuan rumah ajang olahraga multicabang seperti Asian Games 2018," kata Menpora Amali.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement