Rabu 16 Nov 2022 17:18 WIB

Peringati HKN, Baksos dan Donor Darah Digencarkan di Tiga Titik Sukabumi

Donor darah di tiga lokasi berhasil mengumpulkan ratusan labu darah.

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad
Bakti Sosial (baksos) dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 digencarkan di tiga titik Kota Sukabumi salah satunya di Gedung Korpri, Rabu (16/11/2022).
Foto: istimewa
Bakti Sosial (baksos) dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 digencarkan di tiga titik Kota Sukabumi salah satunya di Gedung Korpri, Rabu (16/11/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Bakti Sosial (baksos) dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 digencarkan di tiga titik Kota Sukabumi pada, Rabu (16/11/2022). Dalam kegiatan itu digelar donor darah yang berhasil mengumpulkan ratusan labu darah dari warga yang mendonorkan darahnya.

Data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi menyebutkan, tiga lokasi yang menggelar donor darah dan bantuan sosial secara serentak yakni di Kantor Kecamatan Warudoyong, UPTD Puskesmas Kecamatan Baros, dan Gedung Korpri Kecamatan Lembursitu. '' Alhamdulillah bakti sosial berjalan lancar dan menjadi bagian dari aksi kemanusiaan membantu warga,'' ujar Ketua Panitia HKN ke-58 tingkat Kota Sukabumi yang juga Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Kota Sukabumi, Lulis Delawati, Rabu.

Baca Juga

Bakti sosial ini diisi dengan layanan kesehatan gratis seperti pemeriksaan gula darah, kemudian pembagian sembako dan donor darah. Momen ini melibatkan pula enam rumah sakit yang ada di Kota Sukabumi.

Lulis menuturkan, donor darah di tiga lokasi berhasil mengumpulkan ratusan labu darah. Di mana labu darah ini sangat dibutuhkan oleh warga khususnya yang tengah menjalani pengobatan.

Lulis berharap, melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan dalam memperingati HKN ke – 58, kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan semakin meningkat. Terlebih karena belum berakhirnya situasi pandemi Covid -19.

Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada mengapresiasi bhakti sosial yang digencarkan dalam HKN ke-58 tingkat Kota Sukabumi. '' Semoga aksi sosial ini dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,'' cetus dia yang meninjau baksos di Kecamatan Warudoyong.

Sebelumnya, Pemkot Sukabumi memberikan apresiasi kepada insan kesehatan yang menangani pandemi Covid-19 selama 31 bulan. Di mana hingga saat ini penanganan Covid-19 di Sukabumi berjalan dengan baik.

Apresiasi ini disampaikan dalam upacara peringatan HKN ke-58 tingkat Kota Sukabumi tahun 2022 yang digelar di Lapang parkir Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi, Sabtu (12/10/2022) lalu. Peringatan HKN ke-58 Tahun 2022 yang mengangkat tema "Bangkit lndonesiaku, Sehat Negeriku". Bertindak sebagai inspektur upacara Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi.

'' Secara pribadi dan atas nama Pemkot Sukabumi mengucapkan terimakasih kepada insan kesehatan dan organisasi profesi kesehatan dan seluruh pihak yang memberikan dukungan selama 31 bulan menghadapi pandemi,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi dalam sambutan di HKN. Mari sama-sama bergerak dan melangkah pasca recovery pandemi

Fahmi menyampaikan terimakasih atas kebersamaannya. Ke depan tantangan dalam bidang kesehatan harus dihadapi dengan kebersamaan dan saling menguatkan.

Dalam momen ini juga, wali kota menyampaikan sambutan Menteri Kesehatan Budi G Sadikin. Dalam sambutannya Menkes menyampaikan tema Bangkit lndonesiaku, Sehat Negeriku" dipilih untuk menggambarkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat lndonesia yang secara bersama, bahu membahu, dan bergotong royong dalam menghadapi situasi kesehatan di masa pandemi COVID-19,

Sehingga masyarakat lndonesia dapat kembali beraktivitas dan produktif agar lndonesia kembali bangkit dan kembali sehat. Tantangan yang kita hadapi sangat berat. Semua negara, diseluruh dunia, sedang menghadapi ujian.

Krisis kesehatan akibat pandemi COVID-19 belum sepenuhnya pulih. Namun, di tengah tantangan yang berat, kita patut bersyukur, lndonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global ini.n riga nurul iman

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement