Rabu 16 Nov 2022 14:54 WIB

KTT G20, Dihadiri SBY, Mega Hingga JK, tapi Ma'ruf Amin tak Terlihat

Wapres Ma'ruf Amin tidak terlihat hadir mendampingi Jokowi di lokasi KTT G20.

Rep: Erik PP/Amri Amrullah/ Red: Erik Purnama Putra
Pertemuan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Megawati Soekarnoputri bersama Try Sutrisno, Hamzah Haz, dan M Jusuf Kalla.
Foto: @jansen_jsp
Pertemuan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Megawati Soekarnoputri bersama Try Sutrisno, Hamzah Haz, dan M Jusuf Kalla.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelaksanaan KTT G20 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Provinsi Bali berlangsung pada Selasa-Rabu (15-16/11/2022). Acara yang berlangsung selama dua hari itu tidak hanya dihadiri kepala negara dari 19 negara dan Uni Eropa, melainkan juga kepala negara lain yang bersifat undangan maupun pimpinan organisasi, seperti Presiden FIFA Gianni Infantino, Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, hingga pimpinan Bank Dunia.

Khusus untuk Indonesia, eks presiden maupun wakil presiden (wapres) turut diundang dalam acara gala dinner di Garuda Wisnu Kencana (GWK), Selasa (15/11/2022) malam WIB. Terpantau Presiden RI periode 2001-2004 Megawati Soekarnoputri dan Presiden periode 2004-2014 Susilo Bambang Yudhoyono.

Hadir pula Wakil Presiden periode 1993-1998 Try Sutrisno, Wakil Presiden periode 2001-2004 Hamzah Haz, dan Wakil Presiden periode 2004-2009 dan 2014-2019 M Jusuf Kalla hadir. Mereka semua berkumpul dan duduk satu meja. Ketua DPR sekaligus putri Megawati, Puan Maharani juga ikut duduk berkumpul dengan eks RI 1 dan RI 2 tersebut

"Damai Indonesia.. Foto di Bali malam ini. Dalam jamuan makan malam G20. Sehat semua untuk para pemimpin," kata Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat, Jansen Sitindaon yang mengunggah foto pertemuan di akun Twitter, @jansen_jsp dikutip di Jakarta, Rabu (16/11/2022).

 

Dari foto yang beredar, Presiden Jokowi selaku tuan rumah Presidensi G20 juga menyalami dan berbincang sebentar dengan Megawati maupun SBY, serta tamu undangan lainnya. Para pemimpin RI yang berbeda pandangan politik itu bisa berkumpul satu meja hingga mendapat apresiasi dari warganet.

Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan, pertemuan antara SBY dan Megawati di lokasi gala dinner yang dihadiri para kepala negara G20 tidak membicarakan politik sama sekali. Dia mengatakan, kehadiran SBY tersebut murni atas undangan pemerintah. Dia mengakui, pertemuan SBY dengan Mega juga tidak direncanakan.

"(Komunikasinya) tidak ada kaitannya dengan politik nasional saat ini. Komunikasi saling menghargai dan saling menghormati. Sama aja dengan yang lain-lain, tidak ada pengkhususan," kata Herzaky kepada wartawan, Rabu.

Hanya saja, dalam catatan Republika, hingga kini, Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin malah sama sekali tidak terlihat di lokasi G20. Sejak awal hingga sekarang, Jokowi seorang diri di acara KTT G20 tanpa kehadiran RI 2. Belum ada penjelasan resmi mengapa Ma'ruf Amin tidak datang di acara G20, sementara eks presiden dan wapres malah datang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement