Rabu 16 Nov 2022 06:41 WIB

Delegasi G20 Mulai Pulang Hari Ini, Masyarakat Diimbau Cek Jadwal Penerbangan

Kemungkinan ada penyesuaian jadwal penerbangan reguler domestik dan internasional.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Penumpang pesawat tiba di Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali. ilustrasi
Foto: ANTARA/Fikri Yusuf/wsj.
Penumpang pesawat tiba di Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Puncak kepulangan delegasi KTT G20 diproyeksikan akan terjadi hari ini (16/11/2022). Kementeriam Perhubungan meminta masyarakat yang juga akan melakukan penerbangan dari dan ke Bali dapat memeriksa kembali jadwal penerbangan. 

“Dengan adanya pergerakan kepulangan pesawat VVIP di Bandara Ngurah Rai yang cukup padat, akan ada kemungkinan penyesuaian jadwal penerbangan pesawat reguler baik domestik maupun internasional, seperti misalnya keterlambatan,” kata Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (15/11/2022). 

Baca Juga

Adita mengimbau masyarakat yang akan terbang menggunakan penerbangan reguler dari dan menuju Bali, untuk segera melakukan pengecekan kembali jadwal penerbangannya kepada maskapai. Dengan begitu dapat melakukan antisipasi dan bisa terbang dengan lebih nyaman. 

Kemenhub uga mengimbau kepada operator bandara dan maskapai untuk proaktif memberikan informasi sejelas-jelasnya kepada pelanggannya. Seperti misalnya, informasi perubahan jadwal penerbangan, penundaan, pembatalan, kompensasi, proses refund, dan sebagainya.

Adita memastikan Kemenhub bersama pemangku kepentingan terkait akan berupaya meminimalkan dampak yang ditimbulkan dari adanya pergerakan kepulangan pesawat VVIP para delegasi G20 di Bandara Ngurah Rai. “Kami berupaya semaksimal mungkin untuk menjaga kelancaran lalu lintas bagi para delegasi yang hadir dan juga bagi masyarakat umum yang melakukan penerbangan dari dan ke Bali,” jelas Adita. 

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Novie Riyanto memastikan hari ini (16/11/2022) akan menjadi puncak pergerakan kepulangan pesawat para pemimpin negara yang hadir pada KTT G20. Novie mengakui, penanganan kepulangan lebih kompleks karena jamnya berdekatan dibandingkan saat kedatangan. 

“Untuk itu perlu dipersiapkan pengaturan penerbangan yang cermat,” tutur Novie. 

Novie mengatakan, sejak kemarin (15/11/2022) sudah ada beberapa pesawat VVIP yang berangkat pulang namun jumlahnya tidak banyak dibandingkan hari ini. Rentang waktu kepulangan para pemimpin negara dan delegasi G20 baik yang menggunakan pesawat VVIP maupun reguler yaitu mulai 15-22 November 2022.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement