Rabu 16 Nov 2022 00:03 WIB

Soroti Masalah HAM, Dua Lipa Pastikan tak Tampil di Piala Dunia Qatar 2022

Qatar dituduh mengeksploitasi pekerja migran saat bangun infrastruktur piala dunia.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Dwi Murdaningsih
Dua Lipa
Foto: EPA
Dua Lipa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Penyanyi Dua Lipa membantah rumor yang menyebutkan dirinya bakal main di pembukaan Piala Dunia FIFA. Dalam unggahan di Instagram, penyanyi asal Inggris itu mengatakan bahwa hal itu tidak akan pernah terjadi.

“Saat ini banyak spekulasi bahwa saya akan tampil di upacara pembukaan piala dunia di Qatar. Saya tidak akan tampil dan saya juga tidak pernah terlibat dalam negosiasi apa pun untuk tampil. Saya akan menyemangati Inggris dari jauh,” kata Dua Lipa seperti dilansir dari NME, Senin (14/11/2022).

Baca Juga

Pelantun “New Rules” tersebut menyoroti pelanggaran hak asasi manusia yang terjadi di Qatar. “Saya berharap bisa mengunjungi Qatar ketika negara itu telah memenuhi semua janji hak asasi manusia yang dibuatnya ketika memenangkan hak menjadi tuan rumah Piala Dunia,” tegas Dua Lipa.

Qatar dan penyelenggara Piala Dunia telah menghadapi gelombang kritik karena dituduh mengeksploitasi para pekerja migran dalam proyek pembangunan infrastruktur Piala Dunia 2022. Dalam laporan kelompok HAM yang berbasis di London, Equidem, terdapat pekerja migran yang meninggal karena beban kerja yang berlebihan.

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, telah berjanji bahwa para pemainnya akan menyuarakan tentang pelanggaran HAM selama turnamen. “Kami selalu berbicara tentang masalah yang kami pikir harus dibicarakan, terutama yang kami rasa dapat kami pengaruhi,” kata dia.

Sementara itu, awal bulan ini telah dikonfirmasi bahwa Jungkook BTS akan tampil di upacara pembukaan Piala Dunia sepak bola mendatang di Qatar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement