Monday, 15 Rajab 1444 / 06 February 2023

Mubadala Energi Komitmen Investasi Keberlanjutan di Indonesia

Selasa 15 Nov 2022 11:04 WIB

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya

Ladang migas. Mubadala Energy perusahaan energi asal Uni Emirat Arab (UEA) menegaskan komitmenya terhadap keberlanjutan investasi di Indonesia.

Ladang migas. Mubadala Energy perusahaan energi asal Uni Emirat Arab (UEA) menegaskan komitmenya terhadap keberlanjutan investasi di Indonesia.

Mubadala ingin memperluas cakupan investasi di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, NUSA DUA -- Mubadala Energy perusahaan energi asal Uni Emirat Arab (UEA) menegaskan komitmenya terhadap keberlanjutan investasi di Indonesia. Apalagi, saat ini Indonesia merupakan negara yang memiliki cadangan gas yang cukup besar.

CEO Mubadala Energy Mansoor Mohamed Al Hamed menjelaskan permintaan gas yang meningkat saat ini di dunia dan sejalan dalam transisi energi, Mubadala hendak memperluas cakupan investasi di Indonesia.

Baca Juga

“Strategi jangka panjang kami di Indonesia tidak hanya menunjukkan komitmen kami terhadap market tetapi juga menegaskan kekuatan kemitraan kami. Dengan permintaan gas yang meningkat di seluruh kawasan Asia Tenggara, strategi kami yang fokus kepada transisi energi melalui portofolio gas dapat membantu memenuhi permintaan energi di market yang dinamis dan tumbuh cepat. Kami tetap berkomitmen untuk terus berinvestasi dalam operasi kami di Indonesia dan di komunitas masyarakat sekitar wilayah kerja.” ujar Mansoor, Selasa (15/11/2022).

Baru-baru ini Mubadala Energy mengumumkan hasil positif di wilayah kerja Andaman II setelah penemuan 390-kaki kolom gas pada kegiatan pengeboran eksplorasi di sumur eksplorasi Timpan-1 yang terletak 150-kilometer lepas pantai Sumatera bagian utara, Indonesia. Temuan ini sangat penting karena merupakan sinyal kuat bahwa wilayah kerja Andaman I dan South Andaman yang berdekatan, di mana Mubadala Energy memegang 80 persen participating interest, juga akan mencakup sumber daya material yang belum dieksplorasi.

Komitmen Mubadala Energy disertai dengan catatan keselamatan yang sangat baik di mana perusahaan telah mempertahankan catatan nihil kecelakaan kerja (Lost Time Incident/LTI), ditandai dengan dianugerahkannya Penghargaan Profesor Subroto yang bergengsi dalam kategori Keselamatan Minyak dan Gas oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral pada tahun 2021. Pada tahun yang sama, perusahaan juga berhasil mempertahankan peringkat PROPER Hijau untuk tahun kedua berturut-turut dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia untuk kinerja pengelolaan lingkungan yang luar biasa.

Mempekerjakan lebih dari 95 persen tenaga kerja Indonesia, perusahaan tetap berkomitmen untuk mengembangkan talenta lokal dan mendukung perekonomian nasional, disamping juga mendukung penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di Indonesia. Sejalan dengan komitmen jangka panjang kepada masyarakat lokal, Mubadala Energy juga telah memberikan dukungan melalui berbagai program pendidikan, lingkungan, dan pengembangan masyarakat, khususnya di daerah yang berdekatan dengan lapangan gas Ruby di Selat Makassar dan beberapa wilayah di Aceh.

Melalui program investasi kemasyarakatan ini, lebih dari 215.000 orang telah mendapatkan dampak positif dalam sepuluh tahun perusahaan beroperasi di Indonesia. Baru-baru ini, perusahaan juga mendukung perluasan sejumlah program, termasuk dukungan beasiswa pendidikan untuk keluarga berpenghasilan rendah di Kotabaru.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA