Senin 14 Nov 2022 19:49 WIB

Dua Juta Jamaah Melakukan Umroh Musim Ini

Indonesia menempati urutan pertama jamaah umroh terbanyak.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Dua Juta Jamaah Melakukan Umroh Musim Ini. Foto: ilustrasi umroh
Foto: Reuters
Dua Juta Jamaah Melakukan Umroh Musim Ini. Foto: ilustrasi umroh

IHRAM.CO.ID,MAKKAH — Sebanyak dua juta orang melakukan ibadah umroh di Arab Saudi dari seluruh penjuru dunia selama musim umroh saat ini. Indonesia adalah penyumbang terbanyak yang mengirimkan jamaah umroh.

Dilansir dari Saudi Gazette pada Senin (14/11/2022), jamaah haji dari Indonesia, negara berpenduduk Muslim terbesar, menempati urutan pertama di antara negara-negara yang mengirim peziarah terbanyak. Sebanyak 551.410 jamaah umroh Indonesia tiba di Kerajaan selama musim ini. 

Baca Juga

Pakistan berada di urutan kedua dengan 370.083 peziarah, sementara India berada di urutan ketiga dengan 230.794 peziarah. Diikuti selanjutnya oleh Irak dengan 150.109 peziarah dan Mesir dengan 101.657 peziarah. Bangladesh berada di urutan terakhir dengan mengirimkan 11.984 peziarah. 

Para peziarah banyak yang datang ke kerajaan melalui bandar udara, darat, dan laut. Kerajaan mencatat kedatangan total 1.964.964 jamaah dari luar Kerajaan, sejak awal musim umrah pada 1 Muharram 1444 (30 Juli). 

Jumlah kedatangan melalui bandara mencapai 1.783.392 jamaah, sedangkan jumlah kedatangan melalui pelabuhan darat mencapai 180.363, lalu jumlah jamaah yang tiba melalui jalur laut sebanyak 1.209 jamaah.

Ada 470 perusahaan dan perusahaan Saudi yang memiliki izin untuk memberikan layanan kepada jamaah umrah dan pengunjung selama musim umrah 10 bulan yang akan berakhir pada 29 Dzulqadha, tepat sebelum ziarah tahunan haji.

Arab Saudi telah memperpanjang periode visa umrah dari satu bulan menjadi tiga bulan dan jamaah umroh diizinkan melakukan perjalanan ke seluruh Kerajaan selama periode visa mereka. Jangka waktu visa akan berakhir sebelum tiga bulan jika tumpang tindih dengan musim haji. 

Kementerian Haji dan Umroh menekankan perlunya perusahaan dan lembaga umrah, berkomitmen untuk menyediakan semua paket layanan yang dibutuhkan untuk para jamaah, dengan tujuan meningkatkan kualitas layanan di sektor ini dan memfasilitasi perjalanan para jamaah sehingga mencapai Visi Kerajaan 2030.

Sementara itu, kementerian mengatakan bahwa jumlah penerima manfaat aplikasi “Nusk” (sebelumnya aplikasi Eatmarna) mencapai lebih dari 20 juta dan ini termasuk berbagai jenis izin, untuk melakukan umrah dan sholat di Masjidil Haram, mengunjungi Masjid Nabawi hingga menyapa Nabi (saw), selain berdoa di Rawdah Sharif. 

Jumlah penerima manfaat layanan yang diperluas oleh Enaya Center di Makkah dan Madinah, yang peduli melayani jamaah umrah yang datang dari luar Arab Saudi, mencapai lebih dari 100 ribu penerima.

Sumber:

https://saudigazette.com.sa/article/626906/SAUDI-ARABIA/Nearly-2-million-pilgrims-perform-Umrah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement