Senin 14 Nov 2022 18:52 WIB

Di B20, Jokowi Minta Pengusaha Besar tak Tinggalkan Pelaku UMKM

Bantuan pengusaha besar dapat membuat para pelaku UMKM semakin tumbuh.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ilham Tirta
Presiden Jokowi.
Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong agar para pengusaha besar turut melibatkan para pelaku usaha kecil dan mikro dalam menjalankan usahanya. Sehingga para pelaku UMKM itu pun tak semakin tertinggal dan bisa semakin tumbuh berkembang.

Hal ini disampaikannya saat memberikan keynote speech di B20 Summit Indonesia Tahun 2022 di Bali, Senin (14/11). “Saya titip yang besar agar membawa yang kecil, yang besar mau membesarkan usaha-usaha kecil, usaha-usaha mikro agar mereka tidak tertinggal,” ujar Jokowi.

Baca Juga

Ia menyampaikan, dalam tiga tahun terakhir ini pemerintah sudah berupaya mendorong para pelaku UMKM masuk ke platform digital. Hingga saat ini, tercatat sudah ada 19 juta dari 64 juta UMKM yang sudah masuk ke platform digital.

“Target kita nanti di 2024 kita harapkan sudah mencapai di atas 30 juta. Artinya yang kecil-kecil jangan ditinggal,” jelas dia.

Presiden pun menitipkan pesan kepada India yang akan menjadi pemegang Presidensi B20 pada tahun depan. Jokowi berharap agar isu peningkatan produktivitas di sektor UMKM melalui digitalisasi ini masih terus dilanjutkan pada tahun depan.

“Saya titip kepada India, agar nantinya juga yang usaha-usaha kecil, usaha mikro ini juga masih dibawa lagi diteruskan,” kata Jokowi.

Ia pun menyampaikan selamat kepada India yang akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan forum B20 pada tahun depan. “Dan terakhir saya mengucapkan selamat bekerja bagi Presidensi B20 India di tahun depan. Saya optimis B20 akan semakin solid dan berkembang,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement