Monday, 15 Rajab 1444 / 06 February 2023

Anies Baswedan Tampil di Forum G-20, Ini Kata Pengamat

Senin 14 Nov 2022 15:30 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Agus Yulianto

Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022, Anies Rasyid Baswedan menjadi pembicara di Bloomberg NEF Summit,  salah satu side event di G20 dan B20, di Nusa Dua, Bali.

Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022, Anies Rasyid Baswedan menjadi pembicara di Bloomberg NEF Summit, salah satu side event di G20 dan B20, di Nusa Dua, Bali.

Foto: @aniesbaswedan
Tampilnya Anies di Forum G-20 membuktikan kelayakannya sebagai Capres.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga menanggapi terkait tampilnya Anies Baswedan di Forum G-20 yang diadakan di Bali. Menurutnya, hal ini menunjukkan kapasitas dan kompetensinya diakui di dunia internasional.

"Mereka tentu tidak mengundang sembarang orang untuk berbicara di forum tersebut. Hanya orang yang punya kapasitas dan prestasi menonjol yang diundang untuk berbicara di Forum G-20," katanya pada Senin (14/11/2022).

Kata dia, diundangnya Anies di forum tersebut juga membuktikan Anies memang bekerja dan berprestasi selama memimpin DKI Jakarta. Kinerja Anies diakui dunia internasional sehingga ia didaulat untuk berbicara di forum terhormat tersebut.

"Jadi, kalau masih ada yang menyatakan Anies pemimpin hasil pencitraan, tentu terbantahkan dengan sendirinya. Pihak-pihak tersebut kalau masih punya rasa malu, seharusnya mencabut penilaiannya terhadap Anies yang tidak mendasar," kata dia.

Selain itu, tampilnya Anies di Forum G-20 membuktikan kelayakannya sebagai Capres. Suka tidak suka, kapasitas Anies berada di atas lawan-lawan politiknya yang ngebet mau Capres.

Hal itu juga mengindikasikan, kompetitor Anies yang tidak tampil di Forum G-20, kinerjanya memang masih pas-pasan. Kapasitasnya masih lokal, sehingga belum dianggap di dunia internasional.

Kalau elektabilitasnya bagus tentu kompetitor Anies itu hanya bermodalkan pencitraan. Pemimpin seperti ini sudah pasti tidak akan mampu membawa Indonesia lebih baik.

"Karena itu, sudah saatnya Indonesia dipimpin sosok yang punya kapasitas dan kinerja mumpuni. Tinggalkan pemimpin yang hanya bermodalkan pencitraan dan di sokong oligarki," kata dia.

Sebelumnya diketahui, Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022, Anies Rasyid Baswedan diundang panitia untuk menjadi salah satu pembicara di acara G20 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Sabtu (12/11/2022). Anies diminta panitia untuk menjadi salah satu narasumber terkait kepemimpinannya di Provinsi DKI Jakarta, khususnya terkait pengendalian emisi karbon.

"Sebuah kehormatan diundang sebagai pembicara dalam acara Bloomberg NEF Summit, salah satu side event di G20 dan B20, di Nusa Dua, Bali," katanya melalui akun Twitter, @aniesbaswedan dikutip di Jakarta, Senin (14/11/2022). 

"Berbagi pengalaman tentang berbagai upaya yang telah dilakukan di Jakarta dalam menghadapi perubahan iklim," kata Anies melanjutkan.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA