Senin 14 Nov 2022 12:30 WIB

Polresta Banyuwangi Fokus Amankan Pintu Masuk Bali Selama KTT G20

Jibom hingga sniper turut disiagakan di sejumlah titik rawan.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Ilham Tirta
Pasukan khusus sniper dikerahkan untuk menjaga keamanan (ilustrasi).
Foto: Antara/Rahmad
Pasukan khusus sniper dikerahkan untuk menjaga keamanan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUWANGI -- Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyuwangi meningkatkan pengamanan di Pelabuhan Penyeberangan ASDP Ketapang-Banyuwangi, jelang pelaksanaan KTT G20 di Bali. Personel bersenjata lengkap ditempatkan di sejumlah titik, terutama tempat publik dan pintu masuk menuju Bali.

Kapolresta Banyuwangi, Kombes Deddy Foury Millewa menjelaskan, personel juga dilengkapi peralatan metal detektor dan mobil xray. Bahkan, Satuan Samapta turut menurunkan K-9, Brimob dengan Jibom, dan sniper juga turut disiagakan.

Baca Juga

Deddy menjelaskan, pemeriksaan dilakukan di pintu masuk pelabuhan penyeberangan ASDP Ketapang, baik terhadap kendaraan pribadi atau umum, pengemudi mobil pribadi yang membawa barang, para penumpang kapal, dan pengendara sepeda motor. "Kami lakukan pemeriksaan kelengkapan mulai KTP, SIM, STNK, dan kelengkapan lainnya termasuk protokol kesehatan," ujar Deddy, Senin (14/11/2022).

Deddy menyampaikan, terpilihnya Indonesia sebagai tempat penyelenggaraan KTT 20 merupakan sebuah kehormatan dan kebanggaan yang perlu disukseskan bersama. Maka dari itu, pihaknya fokus menjalankan tanggung jawab dan tantangan besar bagi untuk memastikan KTT G20 berjalan dengan aman dan lancar.

"16 November 2022 bukanlah pertemuan yang biasa, karena merupakan forum utama kerja sama ekonomi global yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar," kata Deddy.

Deddy menyampaikan, ada berbagai simulasi pengamanan untuk memastikan kegiatan KTT presidensial G20 tersebut terhindar dari gangguan. Beberapa hal yang diantisipasi yakni masih terjadinya gerakan aksi terorisme dan radikalisme yang mengancam kedaulatan NKRI.

"Perlu diingatkan bahwa tanggung jawab pengamanan bukanlah tugas yang ringan. Harus kita siapkan semaksimal mungkin dalam menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement