Senin 14 Nov 2022 08:48 WIB

Guru se-Kabupaten Cianjur Akui Rasakan Manfaat dari Pelatihan MNR

guru merupakan kunci sukses untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara maju

KPM gencar untuk mengadakan berbagai pelatihan bagi para guru. Salah satu bentuk nyata yang telah dilakukan KPM yaitu dengan berkolaborasi bersama  Sekolah Islam Cendekia Cianjur (SICC) untuk menggelar Pelatihan Matematika dan IPA Metode Nalaria Realistik (MNR).
Foto: Klinik Pendidikan MIPA
KPM gencar untuk mengadakan berbagai pelatihan bagi para guru. Salah satu bentuk nyata yang telah dilakukan KPM yaitu dengan berkolaborasi bersama Sekolah Islam Cendekia Cianjur (SICC) untuk menggelar Pelatihan Matematika dan IPA Metode Nalaria Realistik (MNR).

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Pendidikan merupakan sektor yang paling penting dalam mempersiapkan Indonesia sebagai negara maju di masa yang akan datang. Dalam dunia pendidikan, guru merupakan kunci sukses untuk mewujudkan keberhasilan tersebut.

Sebagai lembaga pendidikan, Klinik Pendidikan MIPA (KPM) selalu berupaya untuk bisa meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan mendukung para guru dalam meningkatkan kompetensi dan kualitas pembelajaran.

Baca Juga

Terbukti, KPM gencar untuk mengadakan berbagai pelatihan bagi para guru. Salah satu bentuk nyata yang telah dilakukan KPM yaitu dengan berkolaborasi bersama  Sekolah Islam Cendekia Cianjur (SICC) untuk menggelar Pelatihan Matematika dan IPA Metode Nalaria Realistik (MNR).

Menurut pengakuan Muhamad Ihsan, SM selaku Manajer Pelatihan KPM Pusat, pelatihan yang diselenggarakan selama 2 hari, yakni mulai 9 November sampai 10 November 2022 ini sukses membuat para guru sadar akan pentingnya mengeksplorasi bahan ajar bagi para siswa.

Hari Setiawan, salah seorang peserta mengungkapkan pelatihan ini sangat membantunya dalam mengingat kembali materi-materi dahulu yang Hari sempat pelajari. “Materi-materi yang disampaikan sangat membantu mengingatkan kembali materi yang mungkin sudah lama sekali saya pelajari. Dengan adanya pelatihan ini saya merasa dibangkitkan kembali semangat belajar setelah kejadian pandemi yang di mana sangat jarang atau bahkan tidak ada pelatihan seperti ini,” ungkap Hari, dalam siaran persnya.

Manfaat diadakannya pelatihan ini juga turut dirasakan Leni Anggraini yang merasa berkesan dengan materi-materi yang disampaikan para Pelatih Metode MNR dari KPM pusat. “Alhamdulillah luar biasa, banyak hal yang saya dapatkan dari pelatihan ini. Banyak ilmu baru yang saya dapatkan. Semoga saya bisa menerapkan ilmu yang saya dapatkan di pelatihan ini ke depannya dalam proses mengajar,” ucap Leni.

Berkat materi-materi menarik yang disampaikan, salah seorang peserta bernama Khairunnisa Nursyaidah mengungkapkan harapannya agar kegiatan pelatihan seperti ini dapat diadakan kembali. “Pelatihan ini menjadi pengalaman baru dan sangat berkesan bagi saya. Ke depannya semoga kegiatan-kegiatan seperti ini dapat diadakan kembali sehingga banyak guru yang turut merasakan manfaat pelatihan,” ujar Khairunnisa.

Di akhir acara, Dera Nugraha, MPd, Kepala Sekolah SICC mengungkapkan bahwa pelatihan MNR dan SNR ini diselenggarakan sebagai bentuk dukungan untuk meningkatkan kemampuan mengajar para guru khususnya di bidang Matematika dan IPA.

Tak hanya itu, Dera Nugraha juga berharap agar kegiatan seperti ini dapat terus diadakan secara berkala. Selain itu dengan adanya pelatihan ini nantinya bisa menjadi program yang dapat memberikan dampak positif bagi kualitas pendidikan di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement