Senin 14 Nov 2022 02:48 WIB

Bekuk Fiorentina, AC Milan Kembali Rasakan Kemenangan di Serie A

AC Milan memantapkan posisi di peringkat kedua klasemen sementara.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Penyerang AC Milan Rafael Leao saat merayakan gol.
Foto: AP/Luca Bruno
Penyerang AC Milan Rafael Leao saat merayakan gol.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- AC Milan membukukan raihan tiga poin pada giornata ke-15 Serie A Liga Italia, tepatnya kala menjamu Fiorentina di Stadion San Siro, Senin (14/11/2022) dini hari WIB. I Rossoneri menutup laga dengan kemenangan, 2-1.

Gol bunuh diri bek tengah Fiorentina, Nikola Milenkovic, pada pengujung laga memastikan kemenangan I Rossoneri. Kemenangan di laga ini membawa Milan memantapkan posisi di peringkat kedua klasemen sementara Serie A sebelum memasuki jeda kompetisi akibat gelaran Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Tidak hanya itu, kemenangan ini pun mengantarkan I Rossoneri ke jalur kemenangan di pentas Serie A usai ditahan imbang Cremonese, 0-0, akhir pekan lalu. Laga baru genap berjalan dua menit, AC Milan, sudah mencatatkan keunggulan atas tamunya, Fiorentina.

Aksi individu winger asal Portugal, Rafael Leao, pada awal laga tersebut mengejutkan lini pertahanan La Viola. Setelah mendapatkan operan dari Olivier Giroud di tengah lapangan, Leao langsung merangsek ke jantung pertahanan Fiorentina.

Winger berusia 23 tahun itu tanpa kesulitan menundukkan penjaga gawang Fiorentina, Pietro Terracciano. Leao mengarahkan bola ke pojok kiri bawah gawang La Viola tanpa bisa dihalau oleh Terracciano.

Dengan awal yang cukup baik, para penggawa I Rossoneri kian optimistis bisa memetik poin penuh di laga terakhir sebelum jeda Piala Dunia 2022 tersebut. Para penggawa I Rososneri pun tampil lebih nyaman dan cenderung mengendurkan serangan.

Di sisi lain, Fiorentina mulai mampu mengembangkan permainan. Bahkan, La Viola unggul tipis dalam penguasaan bola hingga mencapai 52 persen. Upaya ini akhirnya berbuah maksimal pada menit ke-26.

Antonin Barak mampu mencatatkan namanya di papan skor. Memanfaatkan kemelut yang terjadi di depan mulut gawang Milan, Barak melepaskan tendangan mendatar terarah ke tengah gawang.

Kiper Milan, Ciprian Tatarusanu, sempat berusaha menghalau bola. Namun, laju bola terlalu deras dan akhirnya bersarang di gawang tim tuan rumah.

Pada babak kedua, I Rossoneri mencoba untuk mendapatkan kembali ritme dan level permainan terbaik. Sejumlah peluang, termasuk via sepakan Giroud pada pertengahan babak kedua, didapatkan oleh Milan.

Kendati begitu, lini belakang La Viola terbukti mampu tampil disiplin dan bisa meredam serangan I Rossoneri. Para penggawa I Rossoneri pun terlihat mulai frustrasi dan untuk bisa merobek gawang tim tamu.

Performa La Viola dalam membangun serangan justru terlihat lebih menyakinkan. Dari 10 tembakan yang dilepaskan para penggawa Fiorentina, empat tembakan tepat mengarah ke gawang.

Gol yang ditunggu pendukung tim tuan rumah akhirnya tiba pada menit ke-92. Sebuah umpan lambung yang dilepaskan Aster Vranckx berusaha diantisipasi oleh lini belakang Fiorentina.

Sayangnya, upaya Nikola Milenkovic untuk menghalau bola malah mengubah arah bola dan masuk ke dalam gawang. Gol bunuh diri Milenkovic itu pun menjadi gol terakhir di laga ini.

Susunan pemain:

AC Milan (4-2-3-1)

Pelatih: Stefano Pioli

Kiper: Tatarusanu

Belakang: Kalulu, Thiaw, Tomori, Hernandez

Tengah: Tonali, Bennacer; Krunic, Diaz, Leao

Depan: Giroud

Fiorentina (4-2-3-1)

Pelatih: Vicenzo Italiano

Kiper: Terracciano

Belakang: Biraghi, Julio, Milenkovic, Dodo

Tengah: Mandragora, Amrabat; Saponara, Barak, Ikone

Depan: Cabral.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement