Ahad 13 Nov 2022 00:58 WIB

Fokus pada Laga Pertama Lawan Uruguay di Piala Dunia, Korsel Terbang ke Qatar pada Senin

Korsel tak diunggulkan di Grup H bersama Uruguay, Portugal, dan Ghana.

Tim sepak bola nasional Korea Selatan melakukan pemanasan selama sesi latihan di National Football Center di Paju, Korea Selatan, Kamis, 3 November 2022.
Foto: AP Photo/Lee Jin-man
Tim sepak bola nasional Korea Selatan melakukan pemanasan selama sesi latihan di National Football Center di Paju, Korea Selatan, Kamis, 3 November 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Usai mengumumkan daftar 26 pemainnya untuk Piala Dunia Qatar 2022 yang dimulai akhir bulan ini, pelatih kepala timnas Korea Selatan (Korsel) Paulo Bento mengatakan pada Sabtu bahwa fokusnya saat ini adalah pada pertandingan pertama melawan Uruguay, 11 hari lagi. Pelatih asal Portugal itu menunjuk tiga penjaga gawang, sembilan bek, sembilan gelandang dan lima pemain di lini depan untuk turnamen sepak bola sejagat itu.

Pertandingan pertama Korsel di Grup H melawan Uruguay berlangsung pada 24 November. "Kami sudah mempersiapkan diri untuk Piala Dunia sejak lama. Sekarang, tujuan utama adalah mempersiapkan tim sebaik mungkin setelah tiba di Qatar dan fokus pada pertandingan pertama," kata Bento dalam konferensi pers usai mengumumkan timnya untuk Piala Dunia.

Baca Juga

Dia dan para pemainnya akan melakukan perjalanan ke Qatar pada Senin (14/11) pagi. "Tujuannya untuk mempersiapkan tim dengan cara yang benar menghadapi lawan kuat yang harus kami hadapi," tambah Bento seperti dikutip kantor berita Yonhap.

"Tentu saja, kami harus memiliki strategi terbaik untuk setiap pertandingan, tetapi kami pikir fokus untuk saat ini harus pada pertandingan pertama," ujarnya menambahkan.

Korsel dianggap tim yang tidak diunggulkan dalam grup yang juga diisi Portugal dan Ghana. Merekaakan menghadapi tantangan berat untuk mencapai sistem gugur. Cedera yang dialami kapten Son Heung-min dan bek kiri Kim Jin-su, yang tetap masuk timnas meski kebugarannya masih belum jelas, menambah tantangan berat bagi Ksatria Taegeuk.

Namun Bento mengatakan, "Kekhawatiran seharusnya menjadi perasaan terakhir kami. Jika Anda khawatir bermain di Piala Dunia, bayangkan bagaimana jadinya kami jika tidak bermain di Piala Dunia."

Ia mengaku senang karena mencapai tujuan membantu Korsel lolos ke Piala Dunia. Sekarang, kata dia, saatnya untuk menjadi profesional, rendah hati dan menikmati kompetisi terbesar sejagat ini.

Ada beberapa pemain yang bisa dianggap sebagai pilihan kejutan. Satu pemain, bek Park Ji-su, akan mendapatkan tempatnya di tim jika bukan karena cedera pergelangan kaki yang dideritanya dalam pertandingan terakhir Korsel melawan Islandia pada Jumat malam.

Bento mengakui membuat pencoretan daftar pemain pada menit-menit terakhir itu sulit bagi staf pelatih. Namun dia berusaha membuat pemain memahami bahwa ini semua adalah "bagian dari sepak bola."

"Kami hanya bisa memanggil 26 pemain. Mereka tahu sejak awal tidak semuanya akan dipilih," katanya. "Saya yakin bahwa saya jujur dengan mereka. Saya mencoba untuk bersikap adil."

Dari Grup H, Portugal dan Uruguay telah mengumumkan daftar pemain Piala Dunia mereka, yang dipenuhi talenta tingkat tinggi. Namun Bento mengatakan dia tidak perlu mempelajari nama-nama itu, termasuk Cristiano Ronaldo dari Portugal dan Luis Suarez dari Uruguay, untuk memahami tingkat kesulitan perjalanan Piala Dunia Korea Selatan.

Bento bersikeras tidak peduli seberapa berat tugasnya, target timnya tidak berubah. "Target kami jelas, bersaing dengan sebaik-baiknya untuk mencapai hasil terbaik. Bahkan bersaing dengan performa tingkat tinggi dari semua sisi, kami akan merasakan banyak kesulitan karena di sisi lain, ada tim-tim yang sangat bagus dan kuat," kata Bento.

Skuad Korsel untuk Piala Dunia 2022

Kiper: Kim Seung-gyu (Al-Shabab), Jo Hyeon-woo (Ulsan Hyundai), Song Bum-keun (Jeonbuk Hyundai Motors)

Bek: Kim Jin-su (Jeonbuk Hyundai Motors), Hong Chul (Daegu FC), Kim Moon-hwan (Jeonbuk Hyundai Motors), 

Kim Young-gwon (Ulsan Hyundai), Kwon Kyung-won (Gamba Osaka), Kim Tae-hwan (Ulsan Hyundai), Cho Yu-min (Daejon Hana Citizen), Kim Min-jae (Napoli), Yoon Jong-gyu (FC Seoul)

Gelandang: Jung Woo-young (Al-Sadd), Na Sang-ho (FC Seoul), Paik Seung-ho (Jeonbuk Hyundai Motors), Son Jun-ho

(Shandong Taishan), Song Min-kyu (Jeonbuk Hyundai), Kwon Chang-hoon (Gimcheon Sangmu), Lee Jae-sung (Mainz), Hwang In-beom (Olympiacos), Lee Kang-in (Mallorca)

Depan: Hwang Ui-jo (Olympiacos), Cho Gue-sung (Jeonbuk Hyundai Motors), Son Heung-min (Tottenham Hotspur), Hwang Hee-Chan (Wolverhampton Wanderers), Jeong Woo-yeong (Freiburg).

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement