Sabtu 12 Nov 2022 19:24 WIB

Ansu Fati Sempat Diragukan Masuk Skuad Spanyol di Piala Dunia 2022, Tapi...

Komposisi pemain timnas Spanyol sempat mendapatkan kritik

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar
Ansu Fati dari Barcelona bereaksi setelah kehilangan peluang selama pertandingan sepak bola La Liga Spanyol antara Valencia dan Barcelona di stadion Mestalla di Valencia, Spanyol, Sabtu, 29 Oktober 2022.
Foto: AP Photo/Alberto Saiz
Ansu Fati dari Barcelona bereaksi setelah kehilangan peluang selama pertandingan sepak bola La Liga Spanyol antara Valencia dan Barcelona di stadion Mestalla di Valencia, Spanyol, Sabtu, 29 Oktober 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique, mengaku sempat ragu memasukan nama Ansu Fati dalam skuad La Furia Roja yang bakal merumput di Piala Dunia 2022.

Nama winger Barcelona itu akhirnya barus dimasukan dalam daftar 26 penggawa Spanyol pada menit-menit terakhir pengumuman skuad La Furia Roja. 

Keraguan Enrique itu berpangkal pada rendahnya menit bermain Fati pada musim ini. Sempat mengalami cedera hamstring pada musim lalu, winger berusia 20 tahun itu dinilai belum bisa menemukan performa terbaiknya. 

Pun dengan sulitnya Fati untuk bisa berada dalam kondisi kebugaran yang prima. Meski mengemas 20 penampilan di semua ajang pada musim ini, Fati tercatat hanya tampil di 700 menit laga. 

Fati lebih banyak mengawali laga dari bangku cadangan akhirnya tampil sebagai pemain pengganti. Dari 20 penampilan tersebut, Fati telah mengemas tiga gol dan tiga assist. 

''Itu (memanggil Fati) menjadi keraguan terbesar hingga menit-menit akhir. Bisa dibilang, dibanding pemain lain, pertaruhan saya cukup besar dalam dirinya."

"Level permainan Ansu tidak dipertanyakan. Dia telah melewati periode sulit. Namun, saya benar-benar ragu hingga menit akhir,'' ujar Enrique seperti dikutip Marca, Sabtu (26/11). 

Tidak hanya soal kondisi kebugaran dan performa, Fati juga diketahui telah lama absen merumput buat Timnas Spanyol. Laga kontra Ukraina di lanjutan penyisihan grup UEFA Nations League, 2020 silam, menjadi kali terakhir Fati tampil di atas lapangan bersama La Furia Roja. 

Fati pun tidak pernah lagi tampil meski sempat dipanggil membela La Furia Roja di pentas UEFA Nations League. Kendati sempat ragu, Enrique akhirnya memasukan nama jebolan akademi Barcelona, La Masia, tersebut. 

Menurutnya, pemanggilan ke skuad Timnas Spanyol dapat menjadi motivasi tambahan buat Fati untuk bisa kembali menunjukan performa terbaiknya. 

''Apakah dia sudah berada dalam penampilan terbaiknya? Kami akan lihat. Saya rasa, pemanggilan ini bisa menjadi stimulus buat dia, meski tetap ada keraguan. Kami akan melihat bagaimana performanya selama Piala Dunia,'' kata eks pelatih Barcelona tersebut. 

Sebelumnya, Enrique telah mengumumkan daftar 26 penggawa yang bakal membela Spanyol di Qatar 2022. 

Komposisi pemain La Furia Roja ini pun sempat mendapatkan kritik lantaran tidak menyertakan sejumlah nama pemain-pemain bintang, seperti Sergio Ramos, Thiago, hingga Gerardo Moreno. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement