Ahad 13 Nov 2022 05:18 WIB

4 Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet

Karbohidrat olahan bisa mempercepat kenaikan berat badan.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Minuman soda (ilustrasi). Soda merupakan makanan yang perlu dihindari untuk mencegah kenaikan berat badan.
Foto: www.pxhere.com
Minuman soda (ilustrasi). Soda merupakan makanan yang perlu dihindari untuk mencegah kenaikan berat badan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Karbohidrat utuh dan kompleks seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber serat yang sangat baik. Makanan ini mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang berbeda.

Makan jenis karbohidrat ini bersama dengan diet sehat dapat membantu Anda mengelola gula darah, meningkatkan mikrobioma usus, memperlambat proses penuaan dan mencapai tujuan penurunan berat badan.

Baca Juga

Dilansir dari eatthis, tidak semua karbohidrat bersifat sama. Jika karbohidrat kompleks dapat memberikan banyak manfaat kesehatan, karbohidrat olahan banyak diproses mungkin mengandung tambahan gula.

Jumlah yang lebih besar dari jenis makanan ini dapat berkontribusi pada masalah kesehatan tertentu. Karbohidrat olahan bahkan diketahui berkontribusi terhadap penambahan berat badan jika dikonsumsi secara teratur.

Berikut empat makanan tinggi karbohidrat yang harus dihindari saat diet yaitu :

 

Sereal

Banyak merek membuat sereal sarapan yang lebih sehat daripada pilihan biasa. Namun, penting untuk berhati-hati terhadap sereal sarapan ekstra manis yang diproses secara berat.

Orang sering mengasosiasikan sereal dengan makanan kesehatan, tetapi sereal manis sering kali mengandung lebih banyak atau lebih banyak gula daripada kue.

Soda

Soda dan minuman manis adalah beberapa pilihan karbohidrat terburuk karena hampir tidak memberikan nutrisi lain selain gula dosis tinggi. Selain itu, tidak ada serat yang membantu memperlambat penyerapan gula oleh tubuh, yang berarti menyebabkan lonjakan gula darah dengan cepat.

Satu studi yang diterbitkan dalam International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity menemukan bahwa minum soda menyebabkan peningkatan berat badan terlepas dari kebugaran fisik dan tingkat aktivitas seseorang.

Roti putih

Roti putih banyak mengalami pemrosesan. Roti ini kehilangan hampir semua nutrisinya dan berpotensi berkontribusi pada penambahan berat badan jika dikonsumsi secara teratur.

Menurut sebuah studi dari British Journal of Nutrition, mengurangi asupan roti putih (bukan roti gandum) bisa mengurangi lemak perut.

Pasta Halus

Psta olahan merupakan salah satu karbohidrat terburuk untuk menurunkan berat badan karena kurangnya serat yang bisa memperlambat pencernaan. Tidak ada serat dalam pasta olahan sehingga kita tidak merasa kenyang sehingga terus memicu keinginan untuk makan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement