Jumat 11 Nov 2022 17:47 WIB

Southgate Beberkan Alasan Perbedaan Keputusan Pemanggilan Kyle Walker dan Reece James

James kemungkinan besar tidak bisa tampil di babak penyisihan Grup B Piala Dunia.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate berbicara selama pengumuman skuad Inggris di Piala Dunia 2022 di St George.
Foto: Nick Potts/PA via AP
Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate berbicara selama pengumuman skuad Inggris di Piala Dunia 2022 di St George.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, mengeluarkan keputusan berbeda terkait partisipasi Kyle Walker dan Reece James di Piala Dunia 2022. Berbeda dari Walker, yang ikut terbang bersama timnas Inggris ke Qatar, James terpaksa menyaksikan Piala Dunia 2022 dari Inggris.

Southgate memutuskan menyertakan Walker di skuad the Three Lions yang bakal tampil di Qatar 2022. Keputusan berbeda diambil James, yang gagal memperkuat the Three Lions di Qatar 2022. Padahal, dua bek kanan asal Inggris itu diketahui sama-sama tengah mengalami cedera.

Baca Juga

Walker mengalami cedera paha saat memperkuat Manchester City kontra Manchester United, awal Oktober 2022. Sementara James terpaksa menepi sejak pertengahan Oktober usai mengalami cedera saat Chelsea membungkam AC Milan, 2-0, di laga lanjutan penyisihan Grup E Liga Champions.

Southgate pun membeberkan alasan lebih memilih memanggil Walker, ketimbang James, ke skuad the Three Lions. Mantan pelatih Middlesbrough itu berpegang pada kondisi terakhir proses pemulihan dua pemain tersebut. Menurut Southgate, James kemungkinan besar tidak bisa tampil di babak penyisihan Grup B Piala Dunia.

''Tidak menyertakan Reece James adalah keputusan sulit. Dia tidak bisa tampil hingga ujung turnamen, setidaknya hingga akhir babak penyisihan grup. Akan sangat arogan membawa pemain yang tidak bisa diturunkan. Ada begitu banyak hal tak terduga dalam proses pemulihan,'' ujar Southgate seperti dilansir Daily Mail, Jumat (11/11/2022).

Di sisi lain, Southgate mengungkapkan, proses pemulihan Walker berjalan dengan begitu baik. Mantan bek kanan Tottenham Hotspur itu pun memiliki peluang untuk bisa merumput saat Inggris melakoni babak penyisihan grup. Inggris akan menghadapi Iran, Wales, dan Amerika Serikat, di penyisihan Grup B Piala Dunia 2022.

''Kondisi yang tengah dialami Kyle Walker sedikit berbeda. Dia mungkin belum sepenuhnya bugar untuk tampil selama 90 menit. Namun, dia sudah bisa diturunkan sebelum kami menyelesaikan putaran grup,'' kata Southgate.

Di posisi bek kanan, Southgate telah memanggil tiga pemain. Selain Walker, eks pelatih timnas Inggris U-21 itu juga memanggil pemain Liverpool, Trent Alexander-Arnold, dan bek kanan Newcastle United, Kieran Trippier.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement