Jumat 11 Nov 2022 16:58 WIB

TipTip Dukung Monetitasi Karya Konten Kreator

TipTip percaya potensi ekonomi kreator bisa berkontribusi positif.

TipTip hadir sebagai platform yang mendorong pertumbuhan ekonomi kreator
Foto: istimewa
TipTip hadir sebagai platform yang mendorong pertumbuhan ekonomi kreator

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seiring pertumbuhan ekonomi kreator di seluruh Asia Tenggara, TipTip hadir sebagai platform yang mendorong pertumbuhan ekonomi kreator dengan memberikan solusi bagi masyarakat menciptakan dan memonetisasi karya digital. Jumlah kreator di Indonesia sendiri diperkirakan akan terus bertumbuh sebanyak 15 persen per tahunnya hingga 2027.

“TipTip percaya potensi ekonomi kreator bisa berkontribusi positif pada industri kreatif sekaligus perekonomian Indonesia secara keseluruhan, terutama melalui sebuah ekosistem ekonomi kreator yang terus berkembang. Keyakinan ini terus mendorong TipTip memperkuat posisi untuk mewujudkan potensi tersebut.” kata Albert Lucius, Pendiri dan CEO TipTip dalam keterangan persnya, Jumat (11/11/2022).

Baca Juga

TipTip Indonesia diklaim memberikan serangkaian kemudahan monetisasi yang belum banyak diangkat oleh platform besar dan merangkul siapapun yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari hal-hal yang mereka sukai melalui kampanye terbaru “Lakuin di TipTip”.

Kreativitas Tanpa Batas

Disebutkan, TipTip membawa semangat pemberdayaan baru bagi industri ekonomi kreator. Tidak hanya membebaskan kreator dari tuntutan algoritma dan kompleksitas platform, kreator Indonesia bisa bebas menyalurkan kreativitas dan passion ke dalam konten berkualitas dengan TipTip membantu monetisasinya.

"TipTip juga menyediakan proteksi kekayaan intelektual karya digital sebagai wujud apreasiasi TipTip terhadap kreativitas para kreator,"katanya.

Kesempatan bagi semua orang

TipTip membuka peluang penghasilan bagi siapapun, di manapun, dengan minat apapun, dengan memperkenalkan cara inovatif bagi kreator untuk terlibat langsung dengan pendukungnya. Kreator bisa menjual karya digital atau membuat Live Session yang dilengkapi dengan fitur tipping bagi pendukung di setiap sesinya. 

"Tidak hanya bagi para kreator, fitur promotor TipTip juga memberikan akses ke semua orang untuk bisa mempromosikan karya digital kreator manapun dan mendapatkan penghasilan darinya,"paparnya.

Monetisasi yang transparan dan adil

Fitur monetisasi TipTip diklaim mempercepat peluang penghasilan dari interaksi yang terjalin di platform. Kreator bisa merasakan langsung hasil penjualan kreativitasnya dalam 1x24 jam setelah karya digital tersebut dibeli. Ketentuan serupa berlaku pada fitur promotor. TipTip menyediakan fitur review untuk sarana evaluasi kreator dalam mengembangkan karya digital ke depannya. 

"Fitur review ini juga digunakan sebagai patokan penilaian TipTip terhadap pengajuan refund dari pembeli yang kurang puas dengan karya yang sudah dibeli. Pendukung bisa mengajukan refund ketika batal mengikuti sesi Live yang sudah dibeli,"kata dia.

Memupuk jiwa entrepreneurship

Kesuksesan di TipTip tidak hanya dinilai dari kreativitas membuat karya digital yang berkualitas namun juga konsistensi serta keahlian kreator membaca pasar. 

Paulina Purnomowati, Chief Marketing Officer TipTip menambahkan “TipTip mengajak kreator untuk memupuk jiwa entrepreneurship mereka sejak bergabung dalam TipTip. Setiap kreator TipTip diajarkan memasarkan karya digitalnya secara mandiri, termasuk dalam crafting ide karya, menentukan harga yang layak, upaya promosi yang ingin dilakukan, juga mengevaluasi karya yang sudah dijual di TipTip. Semua kontrol dan keputusan itu ada di tangan kreator.

"Kami berharap TipTip bisa menjadi marketplace karya digital buah kreativitas para kreator Indonesia,” kata dia.

Pengembangan fitur yang menjawab 

TipTip diklaim menitikberatkan pada pengalaman terbaik bagi pengguna. Pengembangan fitur-fitur TipTip ditujukan untuk mengakomodir kebutuhan kreator memonetisasi karya digital mereka. Rangkaian kunjungan Hyperlocal TipTip di kota-kota besar di Indonesia juga diadakan guna merangkul lebih banyak masyarakat bergabung ke dalam ekosistem TipTip sekaligus mengumpulkan  kebutuhan para kreator asal kota tersebut. 

Kini, TipTip sudah merangkul lebih dari 18,000 pengguna 4x lebih banyak dari sejak resmi diluncurkan bulan Juli lalu. Ke depannya, TipTip menargetkan dapat meraih 150,000 pengguna dan 15,000 kreator, serta memperluas cakupan hingga tingkat nasional hingga kuartal II tahun 2023 dan meraih 1 juta pengguna dalam waktu 2 tahun mendatang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement