Jumat 11 Nov 2022 15:57 WIB

Makna Fashion dalam Penggunaan Masker di Akun Instagram

Masker kini dapat menyatakan kelas sosial yang tinggi bagi seorang wanita.

Makna fashion dalam penggunaan masker di akun Instagram.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Makna fashion dalam penggunaan masker di akun Instagram.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat ini, terdapat berbagai jenis masker yang dibutuhkan masyarakat. Mulai dari masker untuk aktivitas sehari-hari, masker untuk olah raga, masker untuk kerja ke kantor, dan masker untuk acara acara khusus (party, hajatan, dan lain-lain).

Masker fashion karya Gerry belakangan mendapat banyak pesanan, bahkan hingga pasar Jerman, Amerika dan Paris. Rata-rata mengetahuinya lewat foto-foto yang rutin di-upload di media sosial yaitu Instagram.

Baca Juga

Dosen Program Studi  Periklanan (D3) Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas BSI Iin Soraya mengatakan penelitian ini tentang konstruksi fashion Akun Instagram Gerryyoheadpiece, yang merupakan hasil dari penciptaan realitas sebagai ikon (berdasarkan teks). Simbol atau teks dalam hal ini bukan hanya alat untuk merepresentasikan realitas, tetapi juga dapat menentukan bentuk yang ingin diciptakan oleh simbol di sekitar realitas tersebut.

"Akibatnya, media memiliki peluang yang sangat tinggi untuk mempengaruhi makna dan citra realitas yang Anda ciptakan," ujarnya dalam siaran pers.

Realitas di sini bersifat kekerasan simbolik, yang dapat dicapai melalui penggunaan bahasa yang kompleks, gelap, dan bahkan meremehkan fakta. Menurut Iin, di sini media memainkan peran khusus dalam mempengaruhi budaya melalui pesan-pesan yang disampaikan. Media dapat mengontrol isi pesan yang akan dikirimkan dengan cara mengenkripsi pesan, dan disinilah media seolah-olah ingin membuat pesan yang bermakna.

Iin menambahkan, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan penelitian kualitatif adalah survei yang disajikan untuk menggambarkan dan menganalisis fenomena, peristiwa, kegiatan sosial, sikap, dan pemikiran orang secara individu atau kelompok. Kajian kualitatif ini, menurut Iin, digunakan untuk mempertimbangkan makna sebagai bagian integral dari pengalaman.

Jenis penelitian ini adalah penelitian interpretasi, yaitu metode analisis untuk memahami secara mendalam makna dari fenomena. Dasar kajian ini adalah semiotika, suatu upaya untuk mempelajari linguistik bahasa, yang lebih luas dari segala perilaku manusia yang memiliki makna atau fungsi sebagai tanda.

Iin mengatakan, realitas yang ingin dibangun dengan penggunaan masker memberikan penggambaran yang ingin dibangun dalam akun Instagram @gerryyoheadpiece. Menciptakan budaya baru dengan masker sebagai fashion dengan menggunakan masker masih tetap trendi. "Selanjutnya terdapat objektifitas yaitu dimana media memiliki analogi yang objektif mengenai suatu penggambaran wanita menggunakan masker namun masih tetap cantik," katanya.

Eksternalisasi menggambarkan penggunaan masker yang dulu dianggap untuk kesehatan namun kali ini untuk fashion yang glamour. Makna yang dibangun dalam Instagram @gerryyoheadpiece adalah masker kini dapat menyatakan kelas sosial yang tinggi bagi seorang wanita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement