Jumat 11 Nov 2022 01:05 WIB

Doa Bagi Calon Orang Tua Saat Proses Persalinan

Kelahiran buah hati merupakan momen yang paling ditunggu.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Berdoa (Ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Berdoa (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kelahiran buah hati merupakan momen yang paling ditunggu oleh calon orang tua. Dalam menanti kelahiran ini, ada proses persalinan yang harus dilalui, yang kerap dibumbui rasa khawatir, cemas, namun juga bahagia dan tidak sabar.

Dalam menantikan hadirnya sang bayi, tentu yang paling diharapkan adalah kelahirannya dalam kondisi sehat dan kebaikan-kebaikan lainnya. Di sisi lain, sang ibu juga diharap melahirkan dengan selamat dan bisa pulih dengan cepat.

Baca Juga

Dalam artikel yang diunggah PBNU, dituliskan ada beberapa doa yang bisa dilantunkan dengan harapan persalinan tersebut berjalan lancar dan terhindar dari segala marabahaya. Hal ini mengutip dari karya Syekh Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syaraf al-Nawawi al-Dimasyqi, dalam al-Adzkâr al-Muntakhabah min Kalâmi Sayyid al-Abrâr, (Surabaya: Kharisma, 1998), hal. 298.

Dalam bukunya, ia menyampaikan ketika detik-detik persalinan berlangsung, seyogianya sang suami, sambil menunggu lahirnya jabang bayi membaca beberapa doa. Mereka adalah:

 

1. Ayat kursi sebanyak satu kali;

2. Membaca Surat al-A’raf ayat 54

 إِنَّ رَبَّكُمُ الله الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ يُغْشِي اللَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهُ حَثِيثًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُومَ مُسَخَّرَاتٍ بِأَمْرِهِ أَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْأَمْرُ تَبَارَكَ الله رَبُّ الْعَالَمِينَ

“Inna Rabbakumulladzî kholaqas samâwâti wal ardla fî sittati ayyâmin tsummastawâ ‘alal ‘arsyi yughsyil lailan nahâra yathlubuhu hatsîtsan wasy syamsa wal qamara wan nujûma musakhkharâtim bi amrihi alâ lahul khalqu wal amru tabârokaLlâhi rabbil ‘âlamîn”

Artinya: Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam hari. Lalu Dia bersemayam di ‘Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan, dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam;

3. Surat al-Falaq sebanyak satu kali;

4. Surat an-Nâs sebanyak satu kali;

5. Di luar bacaan-bacaan di atas, calon ayah juga dianjurkan untuk memperbanyak membaca doa di bawah ini

 لَآ إِلٰهَ إِلَّا اللهُ الْعَظِيْمُ الْحَلِيْمُ لَآإِلٰهَ إِلَّا اللهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ لَآإِلٰهَ إِلَّا اللهُ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَرَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْم  

Lâ ilâha illallâhul ‘adhîmul ḫalîm. Lâ ilâha illallâhu rabbul ‘arsyil ‘adhîm. Lâ ilâha illallâhu rabbus samâwâti wal ardli wa rabbul ‘arsyil ‘adhîm

Artinya: Tiada Tuhan selain Allah Yang Mahaagung lagi Mahabijaksana. Tiada Tuhan selain Allah Pemilik ‘Arsy yang Agung. Tiada Tuhan selain Allah Pemilik langit dan bumi dan ‘Arsy yang agung. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement