Kamis 10 Nov 2022 21:35 WIB

Petugas Buka Akses Jalan Tertutup Longsor di 8 Titik Tasikmalaya

Hujan deras yang mengguyur wilayah Tasikmalaya menyebabkan bencana alam tanah longsor

Red: Nur Aini
Petugas melakukan pembersihan material longsor yang menutup akses jalan di Desa Karanglayung, Kecamatan Karangjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (10/11/2022).
Foto: Dok. BPBD Kabupaten Tasikmalaya
Petugas melakukan pembersihan material longsor yang menutup akses jalan di Desa Karanglayung, Kecamatan Karangjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (10/11/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Petugas gabungan bergotong royong membuka akses jalan yang tertutup tanah longsor di delapan titik, tersebar di tiga kecamatan, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat agar masyarakat bisa kembali beraktivitas melewati jalan tersebut.

"Saat ini masih proses penanggulangan longsor yang menutup jalan," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Kabupaten Tasikmalaya Kurnia Trisna di Tasikmalaya, Kamis (10/11/2022).

Baca Juga

Ia menuturkan hujan deras yang mengguyur wilayah Tasikmalaya menyebabkan bencana alam tanah longsor di sejumlah titik jalan yang menyebabkan akses jalan tertutup. Sejumlah petugas dari BPBD, kepolisian, TNI, dan sukarelawan lainnya, kata Kurnia, sudah diterjunkan untuk menyingkirkan material longsoran tanah agar masyarakat maupun kendaraan bermotor bisa melewati jalan tersebut. "Ada beberapa lokasi, di Cineam, dan di Tanjungjaya, di Karangjaya ada tiga titik, di Tanjungjaya ada tiga titik, di Cineam ada dua titik," katanya.

Kepala Seksi Humas Polres Tasikmalaya Kota Ipda Jajang Kurniawan menyampaikan, sejumlah personel dari Satuan Samapta dibantu dari polisi sektor telah diterjunkan untuk membantu menanggulangi daerah yang terdampak bencana tanah longsor di beberapa daerah Kabupaten Tasikmalaya. Kepolisian Resor Tasikmalaya Kota, kata dia, selalu siap tanggap ketika terjadi bencana alam untuk membantu masyarakat yang terdampak maupun membersihkan material longsoran tanah yang menutup jalan. "Untuk membantu membersihkan longsoran tanah agar akses jalan segera dapat digunakan untuk aktivitas warga," katanya.

Ia berharap keberadaan personel polisi di lokasi bencana sebagai wujud sinergi dengan lintas sektoral, sekaligus bisa lebih cepat membuka akses jalan yang terdampak longsor. "Kehadiran Satsamapta Polres Tasikmalaya Kota bersinergi dengan unsur lintas sektoral lainnya sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap masyarakat," katanya.

Kepala Polsek Kaeangjaya Iptu Imang Sunarman menambahkan, bencana tanah longsor tidak hanya menutup akses jalan, tapi juga menimpa rumah warga di Kampung Karangpaningal, Desa Karanglayung, Kecamatan Karangjaya. Ia menyebutkan ada tiga penghuni rumah mengalami luka-luka karena tertimpa material bangunan rumah yang terdampak longsor. "Satu keluarga tertimpa bangunan rumahnya, kemudian dilakukan evakuasi oleh petugas bersama warga," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement