Kamis 10 Nov 2022 18:55 WIB

Pentingnya Orang Tua Pelajari Tahap Tumbuh Kembang Anak

Masalah tumbuh kembang anak berbeda membuat orang tua harus mempelajarinya.

Masalah tumbuh kembang anak berbeda membuat orang tua harus mempelajarinya.
Foto: www.stocksnap.io
Masalah tumbuh kembang anak berbeda membuat orang tua harus mempelajarinya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr. Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K), mengatakan bahwa tiap tahap tumbuh kembang anak memiliki masalah masing-masing dan hal tersebut harus dipelajari oleh orangtua. "Memang anak itu punya problem di masing-masing usia, dia ada proses bertubuh dan berkembang," ujar dr. Piprim dalam satu acara di Jakarta, Kamis (10/11/2022).

Piprim mengatakan, pada usia 0-1 bulan adalah waktu di mana bayi butuh beradaptasi dari peralihan antara perut ibu dan dunia tempatnya kini berada. Pada masa 0-6 bulan, bayi juga harus diberikan imunisasi dan ASI eksklusif.

Baca Juga

"Pada masa ini ibunya harus didukung oleh orangtua dan sekitarnya untuk tidak mengganggu dengan pemberian sufor (susu formula) dan lain-lain, ya boleh jika memang ada situasi tertentu tapi default seharusnya bayi itu ASI eksklusif," kata Piprim.

Lebih lanjut, Piprim menjelaskan, memasuki usia 6 bulan, masalah yang akan dihadapi oleh orangtua adalah pemberian makanan pendamping ASI atau MPASI. Menurutnya, ada tipe anak yang selalu membuka mulutnya saat diberi makan, tetapi ada juga yang menolak.

Piprim menyarankan kepada para orangtua untuk mencari informasi apa saja nutrisi yang dibutuhkan untuk menstimulasi tumbuh kembang anak dan mencegah terjadinya stunting. "Saya kira ini butuh informasi-informasi, bagaimana memberi responsible feeding, misal anak belum lapar tapi udah dikasih makan. Anak udah kenyang disuruh habisin makanannya, makanya dia jadi diemut karena ini adalah bentuk perlawanannya," ujarnya.

Memasuki usia 1-3 tahun, permasalahan yang akan dihadapi oleh orangtua akan berbeda lagi. Pada periode ini, orangtua diharapkan dapat memberikan banyak stimulasi untuk merangsang perkembangan kecerdasan serta emosi.

Menstimulasi anak untuk bisa berjalan atau berbicara mungkin akan terlihat sepele. Namun jika anak mengalami keterlambatan, maka akan memengaruhi perkembangan yang lain.

"Dari duduk, merangkak, berjalan, stimulasinya seperti apa, orangtua butuh diajari. Soal bicara, soal refleksnya, perkembangan kecerdasan, perkembangan emosinya, kalau tantrum harus gimana, nanti usia anak sekolah problem-nya beda lagi. Soal pertumbuhan ini perlu diajarkan," kata Piprim.

Meski demikian, hal yang tidak kalah penting untuk diajarkan kepada anak adalah mengenai budi pekerti, sopan santun, dan tata krama. Menurut Piprim, memenuhi kebutuhan materi anak memang diperlukan, namun nilai-nilai akhlak juga memiliki peran penting dalam tumbuh kembang anak terlebih ketika memasuki usia dewasa.

"Budi pekerti dan akhlak itu sangat dibutuhkan, seperti tidak membentak orangtua, tidak mem-bully teman, itu perlu diajarkan. Jadi bukan hanya memberi materi pada anak tapi juga perlu memperhatikan aspek lain yang diperlukan anak," kata Piprim.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement