Kamis 10 Nov 2022 11:28 WIB

Ceer, Brand Mobil Listrik Saudi Bakal Rilis 2025

Produk pertama mobil listrik Saudi, rencananya akan diluncurkan pada 2025.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Platform mobil listrik Foxcon.
Foto: greencar report
Platform mobil listrik Foxcon.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Arab Saudi menyadari bahwa komoditas minyak merupakan sumber daya dengan jumlah yang terbatas. Hal itu pun mendorong negara itu untuk melakukan diversifikasi ekonomi sehingga tak hanya menggantungkan pendapatan negara dari komoditas minyak.

Dikutip dari Green Car Reports pada Kamis (10/11/2022), salah satu diversifikasi ekonomi yang dilakukan oleh Arab Saudi adalah dengan membuat sebuah brand mobil listrik. Brand electric vehicel (EV) bernama Ceer itu akan dikembangkan bersama BMW dan Foxconn.

Baca Juga

Kemungkinan, BMW akan berperan lewat pengembangan platfotm EV. Sedangkan Foxconn akan berperan dalam pengembangan electrical architecture.

Produk pertama Ceer rencananya akan diluncurkan pada 2025. Segmen yang disasar adalah EV dalam format sedan dan SUV untuk pasar Arab Saudi, Timur Tengah dan Afrika Utara.

Agar bisa jadi salah satu tumpuan ekonomi bagi Arab Saudi, brand ini pun akan melakukan seluruh proses pengembangan, desain dan produksi di Arab Saudi.

Jika dilihat dari partner yang digandeng, terlihat bahwa brand ini ingin fokus untuk menggarap pasar EV di kelas premium. Foxconn dipilih karena pabrikan Taiwan ini telah memperkenalkan konsep mobil listrik. Selain memperkenalkan mobil konsep, perusahaan yang merupakan vendor perakitan produk Apple itu mengemas produk mobil listrik dengan brand Foxtron.

Foxtron memperkenalkan konsep electric vehicle (EV) dalam tiga wujud yakni mobil sedan, SUV dan bus. Dengan kehadirkan kendaraan prototipe ini maka terlihat bahwa Foxtron serius untuk terlibat dalam industri otomotif secara menyeluruh.

Untuk penamaan mobil konsep, Foxtron menyebut mobil sedan buatanya dengan nama Model E dan untuk SUV disebut dengan Model C. Untuk bus, Foxtron menyebutnya dengan nama Model T.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement