Rabu 09 Nov 2022 17:52 WIB

Kuliah Peduli Negeri, Mahasiswa Universitas Mercu Buana Ajarkan Ilmu Fotografi di Sekolah

Skill membuat foto yang tepat sasaran dan sarat makna tak dimiliki oleh banyak orang.

Kegiatan sekolah bersama kampus.
Foto: Dok. Web
Kegiatan sekolah bersama kampus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam era digital, penggunaan foto amat penting untuk menunjang penyampaian informasi. Sayangnya, kemampuan untuk membuat foto yang tepat sasaran dan sarat makna tidak dimiliki oleh banyak orang. Atas dasar itu, mahasiswa Universitas Mercu Buana melaksanakan kegiatan Kuliah Peduli Negeri dengan tema “Pelatihan Teknik Fotografi menggunakan Kamera Digital."

Kuliah Peduli Negeri Universitas Mercu Buana ini dilaksanakan di SMK Negeri 5 Bekasi dan diikuti oleh guru, siswa dan siswi tersebut. Dengan pelatihan ini, diharapkan siswa dan siswi tersebut akan memahami dan mampu mempraktikkan cara mengambil foto dengan benar, sehingga dapat mendukung seluruh kegiatan dan pelayanan yang dilakukan di SMKN 5 Bekasi oleh mahasiswa Universitas Mercu Buana.

Baca Juga

Pihak Universitas Mercu Buana juga menyampaikan dukungan penuh terhadap kegiatan ini. Dosen pembimbing Kuliah Peduli Negeri Universitas Mercu Buana Dr. Santa Lorita Simamora berharap para siswa dan siswi ini bisa saling berbagi ilmu dengan para mahasiswa. 

"Dari materi ini dapat memberikan manfaat serta keterampilan untuk para siswa dan siswi SMK Negeri 5 Bekasi. KPN ini mata kuliah yang wajib ditempuh oleh tim Muhamad Fauzi dan teman-teman lain. Mata kuliah ini bertujuan untuk membuka kesadaran, kepedulian, simpati dan empati mahasisw a UMB terhadap negerinya sendiri," kata Santa.

Rangkaian Kuliah Peduli Negeri Universitas Mercu Buana dilaksanakan selama tiga hari. Pertemuan dilaksanakan melalui tatap muka langsung di Aula SMKN 5 Bekasi dengan mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

Rangkaian kegiatan Kuliah Peduli Negeri dimulai pada Selasa, 1 Oktober 2022. Pertemuan dilaksanakan secara tatap muka langsung pada pukul 13.00 hingga pukul 15.00 WIB. Dalam sesi ini, peserta diajarkan berbagai teknik pengambilan gambar serta berbagai sudut yang cocok untuk pengambilan gambar menggunakan kamera digital.

"Kegiatan dilanjutkan pada Kamis, 3 Oktober 2022 pukul 13.00 WIB di SMKN 5 Bekasi. Pada sesi ini, peserta diajak untuk praktik mengambil foto sesuai materi yang sudah diajarkan pada hari sebelumnya. Kegiatan ini berlangsung selama dua jam dan diakhiri dengan acara makan bersama," kata dia.

Selanjutnya  memberikan berbagai tanya jawab seputar materi teknik fotografi yang sudah diajarkan.

“Kegiatan ini seru, mengasyikkan dan jadi pengalaman baru aku. Aku jadi paham cara mengambil sebuah gambar dengan teknik fotografi di area sekolah,” ucap Alfan seorang siswa yang mengikuti kegiatan KPN.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement