Kamis 10 Nov 2022 00:05 WIB

Bandara Sultan Hasanuddin Siapkan Parkir Pesawat VVIP G20

Parkir pesawat VVIP G20 tidak akan mengganggu jadwal penerbangan reguler

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Sejumlah pesawat dari berbagai maskapai penerbangan berada di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makasar, Sulawesi Selatan. Ilustrasi.
Foto: Antara/Arif Firmansyah
Sejumlah pesawat dari berbagai maskapai penerbangan berada di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makasar, Sulawesi Selatan. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR - Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar menyiapkan area penempatan pesawat udara (parkir pesawat) VVIP G20 dan pendukungnya.

"Di Bandara Hasanuddin disiapkan area parkir karena sebagai bandara pendukung yang ditunjuk oleh Kementerian Perhubungan pada perhelatan internasional Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua Bali tanggal 15-16 November 2022 mendatang," kata General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Wahyudi, di Makassar, Rabu (9/11/2022).

Baca Juga

Berkaitan dengan hal tersebut, Wahyudi mengatakan pihaknya telah memastikan kesiapan apron dan parking stand untuk mendukung kegiatan G20. Area apron dapat menampung dua pesawat berbadan lebar (wide body) dan sembilan pesawat berbadan sempit (narrow body).

Penyiapan sarana parkir pesawat itu, kata dia, tidak akan mengganggu pelayanan penerbangan regular karena Bandara Internasional Sultan Hasanuddin memiliki 50 parking stand di Apron Selatan dan tujuh parking stand di Apron Utara serta memiliki dua landasan pacu.

 

Selain itu, bandara juga dilengkapi dengan kesiapan Tim Airport Rescue and Fire Fighting (ARFF) Bandara yang telah terkategori sebagai kategori 9. "Yang jelas, tidak ada perubahan jam operasional bandara selama perhelatan G20, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin tetap beroperasi 24 jam," kata Wahyudi.

Menurut dia, pihak bandara juga bekerja sama dengan Pemprov Sulawesi Selatan, TNI-AU, Otoritas Bandara Wilayah V Makassar, Polres Maros, Imigrasi, Beacukai, Airnav Indonesia, dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Makassar yang juga siap mendukung perhelatan G20.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement