Rabu 09 Nov 2022 15:36 WIB

LG Buat Layar yang Bisa Ditarik dan Ditekuk, Ini Penampakannya

Layar bisa dikembangkan dari 12 inci menjadi 14 inci.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
LG Display mengembangkan layar 12 inci yang dapat diregangkan dan diperpanjang hingga 14 inci.
Foto: lg display
LG Display mengembangkan layar 12 inci yang dapat diregangkan dan diperpanjang hingga 14 inci.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – LG Display mengembangkan layar 12 inci yang dapat diregangkan dan diperpanjang hingga 14 inci. Layar tersebut memiliki permukaan tidak beraturan dan bertekstur lentur.

LG Display mengklaim selain diregangkan, layar juga dapat ditarik, ditekuk, dan dipelintir. Produk terbaru LG Display untuk layar fleksibel mengalahkan Samsung Galaxy Fold dan smartphone lainnya yang dapat dilipat dan ditekuk tetapi tidak dapat diregangkan.

Baca Juga

Untuk membuat tampilan begitu melar, LG Display menggunakan bahan substrat dasar dari silikon yang serupa digunakan pada lensa kontak. Layar juga dilengkapi mikro-LED lebih kecil dari 40-mikrometer untuk sumber cahaya, memungkinkan untuk resolusi tinggi dan daya tahan. Perusahaan menggunakan sirkuit yang berbentuk seperti pegas untuk mengakomodasi pembengkokan dan pelipatan.

"Teknologi revolusioner layar yang dapat diregangkan menawarkan keserbagunaan tingkat berikutnya untuk berbagai kebutuhan harian. Mudah dipasang pada permukaan melengkung seperti kulit, pakaian, furnitur, mobil, dan pesawat terbang. Inovasi unik ini memperluas potensi tampilan di berbagai industri termasuk mode, perangkat yang dapat dikenakan, mobilitas, dan permainan,” kata LG Display, dilansir Engadget, Rabu (9/11/2022).

Sebelumnya, Samsung pernah mencoba layar yang dapat diregangkan, tetapi itu tidak berjalan sempurna karena terdapat penyok kecil. Di saat yang sama, LG Display sudah membuat langkah lebih maju. LG Display telah bekerja pada teknologi ini sejak tahun 2020 dalam kolaborasi dan penelitian yang diharapkan selesai pada tahun 2024.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement