Rabu 09 Nov 2022 11:37 WIB

Minuman Nutri Malt di Malaysia Belum Miliki Sertifikat Halal

Sertifikat halal belum dimiliki Nutri Malt Malaysia.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Minuman Nutri Malt di Malaysia Belum Miliki Sertifikat Halal. Foto:  Ilustrasi Sertifikasi Halal.
Foto: Republika/Kurnia Fakhrini
Minuman Nutri Malt di Malaysia Belum Miliki Sertifikat Halal. Foto: Ilustrasi Sertifikasi Halal.

REPUBLIKA.CO.ID,KUALA LUMPUR -- Departemen Pengembangan Islam Malaysia (Jakim) telah mengonfirmasi bahwa minuman Nutri Malt yang diproduksi oleh Carlsberg Brewery Malaysia Berhad tidak memiliki dan tidak memenuhi syarat untuk mengajukan Sertifikat Halal Malaysia.

Dilansir dari laman Bernama pada Rabu (9/11/2022), Jakim mengumumkan dalam posting Facebook bahwa ini sesuai dengan klausul 6(2) Manual Prosedur Sertifikasi Halal Malaysia (Domestik) 2022 yang menyatakan: Perusahaan yang memproduksi dan/atau mendistribusikan produk halal dan non-halal termasuk layanan pengiriman makanan tidak memenuhi syarat untuk mengajukan sertifikasi halal Malaysia.

Baca Juga

Jakim menghimbau kepada seluruh umat Islam untuk memilih produk yang memiliki sertifikasi halal karena tidak hanya halal tetapi toyyiban. Artinya murni, bersih dan aman serta sesuai dengan pedoman terkait halal yang ditetapkan di negara ini.

Konsumen dapat memeriksa status kehalalan produk dan tempat makan di situs resmi Halal Malaysia, aplikasi SmartHalal dan Verify Halal.

Sementara bagi yang memiliki keprihatinan, dan ingin mendapatkan penjelasan tentang masalah halal dapat mengunjungi halaman Facebook Jakim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement