Rabu 09 Nov 2022 01:31 WIB

Saat Haid Muslimah Dianjurkan Membaca Doa ini

Menstruasi atau haid merupakan momen yang akan dialami seorang Muslimah.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Wanita haid (ilustrasi).
Foto: Republika/Musiron/ca
Wanita haid (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Menstruasi atau haid merupakan momen yang akan dialami seorang Muslimah setiap bulannya. Di saat ini, mereka dilarang melakukan sejumlah ibadah, seperti shalat, puasa, haji maupun membaca Alquran.

Meskipun saat itu Muslim yang sedang haid tidak diizinkan shalat dan membaca Alquran, namun mereka masih bisa melakukan sejumlah ibadah. Salah satunya adalah berdzikir dan berdoa kepada Allah SWT.

Dalam Kitab Munajatun Nisa karya Ibnu Watiniyah, Rasulullah SAW bersabda, "Tidaklah seorang wanita yang haid itu, kecuali haidnya merupakan kafarat (tebusan) untuk dosa-dosanya yang telah lalu, dan apabila pada hari pertama haidnya membaca Alhamdulillaahi ala kulli hailin wa astaghfirullah (segala puji bagi Allah dalam segala keadaan dan aku memohon ampun kepada Allah dari segala dosa), maka Allah SWT menetapkan dia bebas dari neraka dan dengan mudah melalui siratalmustakim yang aman dari siksa. Bahkan, Allah Ta'alaa mengangkat derajatnya seperti derajatnya 40 orang mati syahid apabila dia selalu berdzikir kepada Allah SAW selama haidnya."

Lantas, doa-doa apa saja yang masih bisa dilantunkan oleh Muslimah saat sedang haid?

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement