Selasa 08 Nov 2022 19:55 WIB

Abdel-Wahed El-Wakil Bangkitkan Arsitektur Islam

El-Wakil mempertahankan keseimbangan antara prinsip keberlanjutan dan perubahan.

Abdel-Wahed El-Wakil
Foto: muslimheritage.com
Abdel-Wahed El-Wakil

IHRAM.CO.ID, Abdel-Wahed El-Wakil merupakan salah seorang yang setia menggeluti arsitektur Islam dalam dunia kontemporer. Ia dikenal pula atas rancangan bangunan Oxford University Centre for Islamic Studies yang dibuatnya.

Konsistensi El-Wakil yang menggunakan teknik dan bentuk arsitektur tradisional telah mengantarnya memenangkan Richard Driehaus Prize pada 2009 yang diberikan oleh University of Notre Dame School of Architecture, AS.

Baca Juga

Anugerah tahunan ini diberikan kepada arsitek berprestasi yang menggunakan prinsip-prinsip klasik dalam karya arsitekturnya, termasuk di dalamnya prinsip keberlanjutan sejarah, kepentingan komunitas, dan pengaruh bangunan terhadap lingkungan.

Ini merupakan salah satu penghargaan yang pantas El-Wakil terima setelah empat dekade tekun mengembangan arsitektur Islam. Konsep arsitekturnya menjelma pada bangunan masjid, fasilitas umum, dan rumah-rumah pribadi di Timur Tengah.

Dalam mewujudkan serangkaian bangunan itu, El-Wakil mempertahankan keseimbangan antara prinsip keberlanjutan dan perubahan. Banyak masjid terkenal mewujud berkat sentuhan rancangannya, yang menggunakan konsep klasik dan kontemporer.

Selain penghargaan tersebut, El-Wakil juga menerima sejumlah penghargaan lainnya. Yaitu, dua penghargaan Aga Khan Awards untuk bidang arsitektur yang diterima pada 1980 dan 1989 serta King Fahd Award for Research in Islamic Architecture pada 1985.

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement