Selasa 08 Nov 2022 18:54 WIB

Masih Ada Harapan Bagi Calon Jamaah Haji Lansia OKU Berangkat pada 2023

Arab Saudi menetapkan batas usia maksimal 65 tahun untuk menunaikan ibadah haji.

Masih Ada Harapan Bagi Calon Jamaah Haji Lansia OKU Berangkat pada 2023
Foto: ANTARA/Feny Selly
Masih Ada Harapan Bagi Calon Jamaah Haji Lansia OKU Berangkat pada 2023

IHRAM.CO.ID, BATURAJA -- Kepala Seksi Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan Abdul Muis mengatakan calon jamaah haji berusia uzur atau lansia tetap memiliki harapan berangkat ke Tanah Suci Makkah pada 1444 H/2023 M.

"Hal tersebut menyusul adanya peraturan Pemerintah Arab Saudi yang memberikan syarat batas usia yaitu maksimal 65 tahun untuk menunaikan ibadah haji," kata Muis, Selasa (8/11/2022).

Baca Juga

Dia mengatakan di Kabupaten OKU tercatat sebanyak 51 orang JCH laki-laki dan perempuan yang berusia uzur di atas 65 tahun. Bahkan, terdapat satu orang calon jamaah yang usianya hampir menyentuh angka satu abad.

Para calon haji ini dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci Makkah pada 2023 setelah menunggu puluhan tahun untuk menjalankan ibadah haji. "Dari 151 calon haji asal OKU yang siap berangkat tahun depan, 51 orang di antaranya sudah uzur dan mereka menunggu keputusan dari pemerintah pusat untuk berangkat haji tahun depan," ungkapnya.

Menurut dia, para calon haji yang berusia di atas 65 tahun ini tetap memiliki harapan untuk dapat berangkat di kemudian hari sejauh mereka tidak menarik setoran. "Untuk OKU sendiri belum ada jamaah yang menarik dana setoran haji. Karena jika ditarik dan mereka mendaftar lagi maka harus menunggu dalam waktu yang lebih lama lagi," katanya.

Muis berharap pemberlakuan ketentuan-ketentuan yang diberlakukan tahun ini ke depan bisa dicabut sehingga semua jamaah haji tanpa memandang batasan umur bisa berangkat ke Arab Saudi. "Kita sama-sama berdoa semoga Pemerintah Arab Saudi mencabut syarat batas usia sehingga tahun depan seluruh calon jamaah haji asal OKU ini dapat diberangkatkan ke Tanah Suci," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement