Selasa 08 Nov 2022 03:57 WIB

Lima Cara Meningkatkan Kesehatan Otak

Tingkatkan kesehatan otak dengan lima cara ini.

Rep: Haura Hafizah/ Red: Muhammad Hafil
Lima Cara Meningkatkan Kesehatan Otak. Foto:  Sel otak (ilustrasi).
Foto: Freepik
Lima Cara Meningkatkan Kesehatan Otak. Foto: Sel otak (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-- Kesehatan otak sering terlewatkan dalam percakapan secara keseluruhan seputar kesehatan. Kemampuan otak untuk mempelajari informasi baru, membuat koneksi baru dan memperbaiki yang rusak dikenal sebagai plastisitas otak.

Dilansir dari sportskeeda pada Senin (7/11/2022), otak terus berkembang seiring bertambahnya usia, belajar lebih banyak dan memiliki lebih banyak pengalaman. Semua orang sadar bahwa menjaga pola makan yang sehat, melakukan olahraga teratur dan sering mengunjungi dokter dapat menurunkan kemungkinan terkena penyakit utama seperti kanker, diabetes dan penyakit jantung.

Baca Juga

Namun, kurang dipahami dengan baik bahwa kesejahteraan otak juga sangat penting. Otak adalah organ penting tubuh, seperti halnya jantung, hati dan paru-paru. Sehingga menjaga kesehatannya sangat penting.

Berikut lima cara untuk meningkatkan kesehatan otak yaitu :

1. Makan dan Tidur dengan Benar

Anda menjadi apa yang Anda konsumsi karena gaya hidup dan faktor lingkungan, otak terkena stres yang lebih berbahaya seiring bertambahnya usia, yang menyebabkan oksidasi yang merusak sel-sel otak. Makanan kaya antioksidan membantu melindungi otak dari efek negatif oksidasi.

Kualitas tidur juga penting untuk kesehatan otak. Manusia tidur sekitar sepertiga hari dan tidur sangat penting untuk menjaga kesehatan otak. Sistem kekebalan, otak dan beberapa sistem tubuh lainnya perlu tidur agar berfungsi dengan baik.

2.Gunakan Otak untuk Aktifitas Berpikir

Aktivitas otak mendorong pembentukan koneksi baru antara sel-sel saraf. Otak bahkan dapat membantu dalam produksi sel-sel otak baru, pengembangan plastisitas neurologis dan penciptaan cadangan fungsional yang bertindak sebagai penyangga terhadap hilangnya sel.

Untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, cobalah membaca, bermain kartu, menyusun teka-teki jigsaw, mengerjakan teka-teki silang, sudoku atau menyelesaikan pencarian kata..

3. Lingkungan

Faktor lingkungan juga dapat mempengaruhi kesehatan otak. Kontaminan dalam makanan, air dan udara adalah contoh racun lingkungan. Semua racun ini dapat menyebabkan kondisi neurologis seperti stroke, masalah perkembangan saraf dan penyakit neurodegeneratif.

Trauma kepala, apakah sering atau parah, adalah jenis lain dari risiko lingkungan.

Trauma kepala akibat kecelakaan atau berpartisipasi dalam olahraga intens menempatkan sel-sel otak di lingkungan yang berbahaya.

4. Tetap Terhubung Secara Sosial

Anda dapat menghindari kehilangan ingatan dengan memiliki kehidupan sosial yang sibuk. Otak mendapat manfaat dari interaksi sosial, percakapan yang menggugah pikiran dan kontak teratur dengan orang-orang terkasih dan teman-teman.

Menurut penelitian, mereka yang aktif secara sosial di komunitas mereka memiliki kehilangan ingatan yang paling rendah. Sementara kerusakan pada kesehatan otak menjadi menonjol di usia tua, Anda bisa mulai memfokuskannya sejak usia dini. Semakin banyak Anda berinteraksi dan terlibat, semakin kecil kemungkinan Anda mengalami masalah dengan kesehatan otak Anda.

5. Modifikasi Pola Makan dan Gaya Hidup

Otak adalah sesuatu yang Anda gunakan atau hilangkan. Seiring bertambahnya usia, otak berubah, begitu pula kemampuan Anda untuk berpikir jernih. Salah satu efek penuaan yang paling ditakuti adalah kerusakan kesehatan otak.

Namun, penurunan kognitif tidak selalu ada. Hidup yang panjang dan memuaskan tergantung pada memiliki otak yang sehat. Anda dapat menjaga kesehatan otak dan mencegah masalah kognitif terkait usia dengan beberapa modifikasi pola makan dan gaya hidup sederhana.

Sumber :

https://www.sportskeeda.com/amp/health-and-fitness/what-brain-health-5-essential-tips-improve-it

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement