Senin 07 Nov 2022 03:00 WIB

Bantul Kerahkan para Santri Ponpes Lakukan Bersih Sungai dan Pasar

Para santri dari berbagai pondok pesantren di Bantul disebar ke 12 titik.

Abdul Halim Muslih - Bupati Bantul
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Abdul Halim Muslih - Bupati Bantul

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengerahkan para santri dari berbagai pondok pesantren daerah ini untuk melakukan kegiatan bersih sungai dan bersih pasar guna menjaga kebersihan lingkungan. "Ini bakti sosial santri bersih sungai, bersih pasar di banyak titik wilayah Bantul dalam rangka memperingati Hari Santri Tahun 2022," kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih di sela baksos dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022 di kompleks Pasar Niten, Bantul, Ahad (6/11/2022).

Menurut dia, dengan kegiatan bersih sungai dan pasar tradisional itu, maka dalam peringatan Hari Santri 2022 ada manfaat, terdapat makna yang ditinggalkannya, juga ada makna yang dilahirkannya. "Para santri ini bisa ditingkatkan kesadarannya, tanggungjawabnya di dalam menjalankan fungsi-fungsi sosial dan tanggung jawab sebagai warga negara Indonesia, di antaranya tentang kelestarian lingkungan hidup," katanya.

Baca Juga

Bupati mengatakan, para santri dari berbagai pondok pesantren di Bantul disebar ke 12 titik. Mereka disebar untuk membersihkan sungai-sungai, pasar-pasar, dan publik area yang ada di Bantul.

"Harapannya ke depan ini akan menjadi budaya kita semuanya, saya katakan budaya reresik(bersih-bersih) itu menjadi syarat penting bagi pelestarian lingkungan hidup, tanpa ada budaya reresik, kelestarian lingkungan hidup tidak mungkin tercapai," katanya.

Oleh karena itu, Bupati Bantul apresiasi kepada para santri Bantul yang keluar dari ponpes untuk membersihkan lingkungan Bantul. "Ini rutin, setiap tahun dilakukan, paling sedikit setiap tahun setiap Hari Santri kita mengerahkan para santri untuk membersihkan sungai sungai dan publik area ini," katanya.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement