Sabtu 05 Nov 2022 16:25 WIB

Soal Pensiunnya Gerard Pique, Xavi: Dia Merasa tak Berguna, Wajar Pilih Pensiun

Xavi berjanji memberikan kesempatan Pique mendapat perpisahan hangat dari fan.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Barcelona Xavi Hernandez (kanan) dan bek Gerard Pique (kiri) selama pertandingan sepak bola Liga Spanyol.
Foto: EPA-EFE/Quique Garcia
Pelatih Barcelona Xavi Hernandez (kanan) dan bek Gerard Pique (kiri) selama pertandingan sepak bola Liga Spanyol.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Pelatih Barcelona Xavi Hernandez mengungkapkan alasan mengapa Gerard Pique memilih pensiun diri. Pique memutuskan gantung sepatu akhir pekan ini, saat Barcelona melawan Almeria di Camp Nou. Keputusan ini mengejutkan mengingat kompetisi bahkan belum berjalan setengah musim.

''Dia telah memutuskan untuk mengakhiri kariernya. Saya memahami keadaan yang merugikan. Dia merasa kurang penting, kurang berguna, dan wajar untuk mengambil langkah ini,'' ujar Xavi dikutip dari Tribalfootball, Sabtu (5/11/2022).

Baca Juga

Namun Xavi, yang merupakan satu angkatan dalam dream team Barca bersama Pigue, menilai bek tengah itu layak mendapat penghormatan dan pujian dari fan. Menurutnya, pemain internasional Spanyol itu telah menunjukkan kehebatan yang spektakuler dengan mengambil keputusan ini.

Karena itu Xavi berjanji akan memberikan kesempatan kepada Pique mendapatkan perpisahan hangat dari fan di Camp Nou. Ia mengatakan, klub harus berusaha memberikan hari yang hebat bagi Pique. Sebab tanpa dia, Barca kehilangan kepemimpinan dan komitmen.

''Dia salah satu bek tengah terbaik dalam sejarah olahraga ini. Saya tidak tahu apakah saya telah adil, tapi saya telah tulus dan jujur. Dia telah menjadi contoh, tapi saya jujur padanya dan keadaan telah menandai bahwa dia telah memutuskan untuk mengakhirinya,'' jelas Xavi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement