Sabtu 05 Nov 2022 15:03 WIB

4 Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Metabolisme tubuh dipengaruhi oleh gen dan daya hidup.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi minum air putih. Minum air putih merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan metabolisme tubuh.
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Ilustrasi minum air putih. Minum air putih merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Metabolisme tubuh bertanggung jawab untuk mengubah nutrisi dari makanan menjadi bahan bakar bagi tubuh yang digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Ada banyak hal yang mempengaruhi tingkat metabolisme tubuh.

Dilansir dari Indian Express pada Selasa (1/11/2022), metabolisme melambat seiring bertambahnya usia. Selain itu, aktivitas fisik yang kurang, kehilangan otot dan penuaan organ dalam juga bisa memperlambat metabolisme tubuh.

Baca Juga

Metabolisme diwarisi dari gen Anda. Lantaran Anda tidak dapat mengubah gen Anda, ada baiknya untuk fokus pada kebiasaan dengan membuat perubahan gaya hidup kecil untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Berikut lima cara meningkatkan metabolisme tubuh yaitu:

Minum Lebih Banyak Air

Salah satu cara terbaik dan termudah untuk membuat metabolisme tubuh adalah dengan minum air di pagi hari. Kurangi soda dan pemanis buatan. Makan hanya tiga kali sehari, karena jarak yang tepat antara makanan membantu metabolisme.

Hindari Diet Ketat dan Tambahkan Lebih Banyak Serat

Metabolisme manusia sangat kompleks dan bervariasi. Meskipun ada faktor-faktor tertentu yang dapat membantu menjaga metabolisme Anda berjalan pada tingkat yang sehat, cara yang paling efektif adalah dengan makan makanan yang seimbang ditambah berolahraga secara teratur.

Protein 

Senyawa dalam makanan tertentu seperti cabai, teh hijau dan kopi dapat meningkatkan metabolisme. Konsumsi teh hijau mengurangi kebutuhan kalori tubuh sebesar 260 setiap hari. Jenis lemak dan minyak yang tepat membantu mengurangi keinginan untuk ngemil. Vitamin dan mineral tertentu juga bisa mendukung metabolisme yang sehat.

 

Kombinasi Makanan yang Tepat

Kombinasi makanan yang tepat penting untuk meningkatkan laju metabolisme. Anda perlu menyeimbangkan protein, karbohidrat, serat dan lemak.

Nutrisi yang baik juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan dapat menurunkan kolesterol tinggi. Hal ini dapat meningkatkan kesejahteraan Anda secara keseluruhan, meningkatkan kemampuan untuk melawan penyakit dan yang paling penting meningkatkan tingkat energi Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement