Sabtu 05 Nov 2022 11:44 WIB

Paman Birin Turun Desa, Tekankan Pentingnya Jaga Inflasi

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin menyambangi Desa Rantau Panjang Hulu

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin menyambangi Desa Rantau Panjang Hulu.
Foto: Pemprov Kalsel
Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin menyambangi Desa Rantau Panjang Hulu.

REPUBLIKA.CO.ID, TANAH BUMBU – Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin menyambangi Desa Rantau Panjang Hulu, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu, sebagai rute lanjutan kegiatan Turun ke Desa (Turdes) pada Kamis (3/11/2022) malam.

Tiba di Desa Rantau Panjang Hulu, Paman Birin yang didampingi Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel Muhammad Yani Helmi, Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar disambut meriah warga. Tampak turut menyambut Sekda Kabupaten Banjar Ambo Sakka. Setibanya di lokasi acara, Paman Birin melakukan penanaman didampingi Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar, Kadis Lingkungan Hidup Hanifah Dwi Nirwana.

Baca Juga

Saat memberikan sambutan, Paman Birin juga menekan pada pelaksanaan Turdesnya kali ini adalah lebih menekan pertumbuhan angka inflasi di daerah. “Kita ketahui memang pertumbuhan ekonomi sedang mengalami inflasi. Tetapi, dengan adanya wujud dari kegiatan ini mudah-mudahan permasalahan tersebut dapat ditekan,” ucapnya.

Paman Birin menjelaskan secara nasional inflasi di Indonesia cukup menjadi perhatian yakni tercatat sebesar 5,71 persen (yoy). Terlebih, Kalsel saat ini juga ikut menyumbang angka inflasi 0,25 persen.

“Salah satu komoditi seperti cabai saja bisa terjadi inflasi. Bahkan, dapat memengaruhi pertumbuhan ekonomi. Maka dari itu, rajinnya bapak ibu menanam tanaman ini agar berdampak positif,” paparnya.

photo
Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin menyambangi Desa Rantau Panjang Hulu. - (Pemprov Kalsel)
 

Dia mengungkapkan Turun Desa ini juga dilakukan sebagai bentuk antisipasi naiknya angka pertumbuhan inflasi di Kalsel. Penekanan itu pula merupakan tindak lanjut atas instruksi Mendagri.

“Kita juga mengajak pada ASN untuk menanam komoditi cabai dengan memanfaatkan lahan di sekitarnya yang kosong,” ungkapnya.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel Muhammad Yani Helmi menuturkan penyelenggaraan Turun ke Desa (Turdes) yang digelar gubernur sedikit banyak tentu memberikan peran serta dampak positif terhadap pengendalian inflasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement