Sabtu 05 Nov 2022 07:00 WIB

4 Kacang Ini Direkomendasikan Ahli Gizi untuk Lansia 50 Tahun ke Atas

Empat kacang ini bisa kurangi risiko stroke hingga kanker pada lansia.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Kacang-kacangan memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa untuk wanita berusia 50 tahun ke atas.
Foto: Pxhere
Kacang-kacangan memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa untuk wanita berusia 50 tahun ke atas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Camilan yang enak biasanya identik dengan makanan kaya lemak dan gula yang bisa membuat tubuh tidak sehat. Padahal, ada juga camilan enak namun sehat seperti halnya kacang-kacangan. Bahkan menurut ahli gizi dari Selandia Baru, Krutika Nanavati, kacang-kacangan juga memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa untuk wanita berusia 50 tahun ke atas.

“Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi segenggam kacang setiap hari dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan kanker. Selain itu, kacang-kacangan adalah sumber serat dan protein yang baik, yang dapat membantu Anda tetap merasa kenyang dan puas sepanjang hari,” kata Nanavati.

Baca Juga

Lalu adakah jenis kacang terbaik yang bisa menjadi pilihan camilan? Dilansir dari She Finds, Sabtu (5/11/2022), berikut empat camilan terbaik yang direkomendasikan Nanavati.

 

1. Almond

Manfaat kesehatan dari almond berasal dari kandungan lemak tak jenuh tunggal, yang telah terbukti menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung. Selain lemak tak jenuh tunggal, kacang almond juga kaya akan satu vitamin penting yaitu vitamin E.

“Vitamin E merupakan antioksidan yang membantu melindungi sel dari kerusakan. Asupan antioksidan yang cukup akan bekerja untuk menjaga tubuh terlindungi dari berbagai risiko kesehatan, termasuk penyakit jantung, kanker, dan banyak lagi,” kata Nanavati.

 

2. Kenari

Mencamil kenari secara teratur adalah cara lain untuk memberi tubuh manfaat kesehatan. Kenari adalah sumber asam lemak omega-3 yang telah terbukti mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan jantung. Seperti halnya almond, kacang kenari juga dikemas dengan antioksidan untuk membantu mencegah penyakit serius. “Cobalah menambahkannya ke oatmeal atau memanggangnya menjadi roti yang lezat, atau memakannya secara utuh,” kata Nanavati.

 

3. Pistachio

Nanavati mengatakan, kacang pistachio menawarkan banyak manfaat kesehatan berkat semua nutrisinya yang luar biasa. Pistachio adalah sumber serat, protein, dan lemak sehat yang baik. Tidak hanya itu, antioksidan yang terkandung dalam pistachio termasuk lutein dan zeaxanthin, juga bisa membantu melindungi tubuh dari degenerasi makula terkait usia.

 

4. Kacang mete

Kacang mete termasuk kacang yang menawarkan porsi lemak tak jenuh tunggal yang sehat, yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung seiring bertambahnya usia.

“Mete adalah sumber copper (mineral mikro) yang baik dan penting untuk menjaga kesehatan tulang dan jaringan ikat,” jelas Nanavati.

Tentu saja, kacang yang bisa dijadikan camilan sehat tidak hanya empat jenis saja. Hampir semua kacang bisa menjadi camilan atau bahan penurun berat badan terbaik untuk berbagai resep. Dari pecan hingga hazelnut, bisa menjadi pilihan camilan sehat untuk Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement